MENGATASI LIMBAH DI MUNCAR: AUDIENSI BUPATI DAN KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP

Banyuwangi- Pagi ini (22/5) berlangsung audiensi antara Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dengan pihak Kementrian Lingkungan Hidup, diruang kerja Bupati. Audiensi ini membahas pengendalian pencemaran lingkungan khususnya di Kawasan Minapolitan, Muncar. Diakui oleh Bupati, saat ini Muncar masih menghadapi masalah pencemaran karena baik industri besar maupun UKM belum melakukan pengolahan limbah secara memadai.  “Pemerintah Kabupaten sudah mengeluarkan Perda tentang Pengendalian Pencemaran, tapi, belum dilaksanakan dengan baik oleh pelaku usaha di Muncar,” terang Bupati

Pihak Kementrian Lingkungan Hidup melalui juru bicaranya, Tantri, mengungkapkan keseriusan Pemerintah Pusat dalam menangani permasalahan pencemaran lingkungan di kawasan Muncar. Ia menyampaikan Kementrian Lingkungan Hidup akan membantu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan program pendampingan dalam mengatasi masalah tersebut. Menurut Tantri pendekatan Low Enforcement digunakan untuk pengusaha ikan berskala besar, sedangkan  Bagi UKM akan digunakan metode pembinaan. Secara hukum perusahaan berskala  besar diwajibkan melakukan pengelolaan limbah industri dengan ancaman denda minimal 1 Milyar bagi yang melanggar. Namun jalur hukum ditempuh sebagai tindakan lanjutan ketika pengusaha terus nakal. “Pada tahap awal sanksi administrasi dari pihak Kabupaten bisa diterapkan,” paparnya.  Sedangkan bagi pengusaha yang sudah menjalankan program pengolahan limbah dengan baik ada reward berupa pemberian Ecolabel, yang menjadi nilai tambah ketika produknya akan diekspor keluar negeri.

Program Minapolitan merupakan Program Pemerintah Pusat yang menjadikan Kawasan Muncar sebagai sentra Kota Perikanan di Indonesia. Diluar penanganan masalah pencemaran, Program Minapolitan terkait erat dengan usaha-usaha  peningkatan perekonomian masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan  peningkatan produktifitas kawasan. Karena itu Bupati Anas berharap agar Pemerintah Pusat memberikan fokusnya agar Kawasan Minapolitan Muncar benar-benasr terwujud. (Humas)