Memotivasi Peternak, Pemkab Siap Prioritaskan Bidang Peternakan di Banyuwangi

Banyuwangi – Peningkatan kualitas hewan ternak di kabupaten Banyuwangi mulai digalakkan, salah satunya dengan memotivasi para peternak untuk menghasilkan hewan – hewan ternak yang bisa menjadi unggulan daerah dan dapat bersaing dengan hewan ternak daerah lain. Salah satu bentuk motivasi Pemkab Banyuwangi dengan menggelar kontes hewan ternak sapi dan kambing unggulan se kabupaten Banyuwangi. Kegiatan kontes ternak yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan tersebut bertempat di lapangan Desa Kedayunan, kecamatan Kabat. Kontes yang diikuti perwakilan peternak sapi dan kambing dari 24 kecamatan se Kabupaten Banyuwangi tersebut berlangsung sejak tanggal 23 – 24 November 2011. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Banyuwangi ke 240.

Pada hari penutupan kontes ternak unggulan tepatnya kamis (24/11), Bupati Abdullah Azwar Anas hadir bersama anggota Forpimda didampingi pejabat teras Pemkab Banyuwangi, untuk menyerahkan hadiah uang pembinaan dan Piala Bupati Kepada Pemenang Kontes ternak Unggulan. “ Saya harapkan kegiatan ini menjadi motivasi kepada para peternak sapi dan kambing di Banyuwangi yang menang ataupun kalah untuk lebih meningkatkan kualitas hewan ternaknya, “ harap Bupati dalam sambutannya.

Perhatian khusus juga diberikan Bupati Azwar Anas pada bidang Peternakan di Banyuwangi, hal ini dapat dilihat dengan dipisahnya bidang Peternakan yang berdiri sendiri menjadi Dinas Peternakan yang sebelumnya menjadi satu pada Dinas Pertanian Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan. “ peternakan di Banyuwangi menjadi program prioritas pemerintah dengan di bentuknya Dinas Peternakan yang berdiri sendiri dan ditangani oleh orang – orang yang berkompeten di bidangnya, “ kata Bupati Azwar Anas.

Salah satu peternak sapi yang memenangkan kontes ternak unggulan, Nasir, warga Kalipuro mengharapkan kegiatan kontes ternak unggulan bisa dijadikan sebagai agenda tahunan pada hari jadi Banyuwangi agar para peternak bisa lebih semangat merawat hewan ternaknya. “ Semoga Pemda bisa tiap tahun menggelar kontes hewan ternak unggulan, agar kita ini (Peternak) lebih semangat untuk beternak, “ harapnya.

Hingga saat ini populasi ternak sapi di Kabupaten Banyuwangi, terbanyak berada pada Kecamatan Wongsorejo dan Kalipuro, sedangkan juara umum pada kontes ternak unggulan tahun 2011 di pegang oleh Kecamatan Wongsorejo dan sapi terberat di raih oleh peternak asal Kecamatan Kalipuro, peternaknya atas nama Nasir dengan berat sapi 1302 kilogram. (Humas  dan Protokol)