MELAYANI RAKYAT DENGAN SENYUMAN

Banyuwangi- Mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, minimal dengan senyuman menjadi pesan pertama yang diberi  penekanan khusus oleh Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas dalam acara pelantikan 10 Kepala Desa (Kades)yang dilaksanakan di Pendopo Banyuwangi (15/4). Dengan mendapatkan senyuman  rakyat akan merasa bahwa kehadirannya dihargai, kemudian dilanjutkan dengan memberikan informasi yang dibutuhkan kepada rakyat yang datang ke kantor kades. Tindakan ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan Kepala Desa beserta seluruh jajaran yang dipimpin olehnya sebagai abdi rakyat. .

Kedua, Bupati  berpesan mengenai penanggulangan kemiskinan. Bupati berharap kades yang terpilih bisa memetakan secara jelas kemiskinan yang terjadi diwilayahnya, dan memberikan definisi  yang tepat. Seperti apa yang melatar belakangi kemiskinan itu terjadi, karena penyebab kemiskinan tidak sama untuk wilayah yang berbeda. Ketiga, Bupati berpesan agar kepala Desa memperhatikan tata ruang desa.  Tenegur dan tindakan tegas harus dilakukan untuk pembangunan yang tidak sesuai aturan. Pembangunan warung remang-remang harus dihentikan dan perlahan, bangunan yang sudah berdiri harus dikurangi. Pembangunan rumah di bantaran sungai juga dilarang karena akan mengikis fungsi bantaran sungai yang bisa mengakibatkan bencana banjir. Keempat, Kepala desa juga harus melakukan koordinasi baik keatas maupun kesamping, mengkomunikasikan setiap  masalah dan penyelesaiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar fungsi pemerintahan desa bisa berjalan denagn baik. Kelima, Bupati berpesan agar kepala desa terpilih tidak pernah berhenti untuk belajar. Baik belajar melalui pelatihan-pelatihan untuk Kepala Desa maupun belajar dari lingkungannya.

Kepala desa harus melaksanakan amanah yang diberikan dengan penuh tanggung jawab, aspiratif dan akuntabel. Karena ia menjadi garda terdepan pemerintah yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Kepala desalah yang akan menjadi penyambung lidah rakyatnya kepada Bupati dan jajaran pemerintah kabupaten. “ Kita sedang mencari rumusan yang tepat agar aspirasi rakyat dari tiap-tiap desa bisa terakomodir. Rapat perdana antara Kepala desa dengan pemerintah kabupaten akan dilakukan senin 18 april dan selanjutnya akan dilakukan satu bulan sekali”, demikian jelas Bupati. Terakhir Bupati mengucapkan selamat kepada Kepala Desa terpilih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan berharap agar Kepala Desa terpilih tersebut bisa membawa Banyuwangi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Sepuluh Kepala Desa yang terpilih itu adalah Riyono, Kades Kandangan, Wiwin Zuamasyah, Kades Kalirejo, Sigit Purnomo, Kades Aliyan, Untung Suripno, Kades Sukojati, H. Mohammad Sulton, Kades Kedayunan, Hadi S. Kades Alasmalang, Sunardi Kades Kedungringin, Murti Kades Kepundungan, Sucipto P, Kades Tamansari, Juandi, Kades Dasri.(Humas.)