Melalui ANAK TOKCER Wujudkan Banyuwangi Cerdas

BANYUWANGI – Sebagai salah satu bentuk komitmen Pemkab Banyuwangi dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas,  Sabtu (23/7), bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional ,  diluncurkan program inovasi di bidang kesehatan, yang diberi nama : ANAK TOKCER. Anak Tokcer merupakan singkatan dari ANAK TUMBUH OPTIMAL, BERKUALITAS dan CERDAS.

Sekkab Banyuwangi, Drs. Ec.H.Sukandi,MM yang membuka acara tersebut mengatakan, “Seluruh komponen bangsa harus terinspirasi untuk terus meningkatkan perhatian terhadap anak-anak Indonesia, supaya menjadi generasi yang sehat, kreatif , berakhlak mulia, cerdas dan berprestasi,” tuturnya. “Karena  itulah untuk mewujudkan hal tersebut maka jaminan pemenuhan hak-hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan yang bermutu harus kita upayakan,” tambahnya lagi.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Banyuwangi berbagai bentuk kebijakan Pemkab untuk mewujudkan anak yang sehat telah dilaksanakan, antara lain program HARGA PAS (Harapan Keluarga Peduli Anak Sejak Dini), dan memperhatikan perilaku KADARZI (Keluarga Sadar Gizi ) untuk mewujudkan  program Anak Tokcer. Semua program tersebut merupakan pendukung dari program BANYUWANGI CERDAS yang saat ini sedang dikembangkan di Banyuwangi.

Dengan bertemakan : Anak Indonesia Sehat, Kreatif, dan Berakhlak Mulia, Hari Anak Nasional tahun 2011 ini menitikberatkan pada kegiatan Keluarga Sadar Gizi untuk mewujudkan Anak Tokcer dengan kegiatan penimbangan berat badan secara teratur, pemberian ASI saja sejak lahir sampai umur 6 bulan atau yang lebih dikenal dengan ASI eksklusif, makan beraneka ragam, menggunakan garam beryodium dan minum suplemen gizi sesuai anjuran.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama untuk menggerakkan dan memberdayakan Banyuwangi menuju Banyuwangi Cerdas melalui Anak Tokcer, diikuti dengan penetesan Vitamin A pada anak-anak oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ibu Dani Azwar Anas.  Selain itu juga diberikan penghargaan bagi anak-anak berprestasi di berbagai bidang.

Turut hadir dalam acara tersebut Forum Pimpinan Daerah beserta ibu, para asisten dan staf ahli, Kepala Dinas/Instansi dan pejabat komponen Pemkab Banyuwangi, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Banyuwangi, Camat Se-kabupaten Banyuwangi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi beserta Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Banyuwangi, Kepala PUSKESMAS se-Kabupaten Banyuwangi dan Ketua Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Banyuwangi.(HUMAS)