Mantan Bupati Samsul Hadi Berpulang

Banyuwangi –  Masyarakat banyuwangi berduka. Ir.H.Samsul Hadi, mantan orang nomor satu di kabupaten ujung timur tanah jawa ini telah berpulang untuk selamanya dini hari kemarin (16/9). Bupati banyuwangi periode 2000-2005 tersebut meninggal di RSUD blambangan,banyuwangi,sejak minggu malam.  

Samsul dilarikan ke RSUD Blambangan sekitar pukul 21.30 Minggu. Sesaaat sebelumnya pria yang tengah menjalani masa penahanan tersebut terjatuh dikamar mandi lembaga permasyarakatan (lapas banyuwangi) . Sejak awal masuk lapas Samsul sudah menderita diabetes maka samsul tetap ditahan di Lapas Banyuwangi. Dia tidak dipindahkan ke lapas sukamiskin seperti halnya terpidana kasus korupsi lain, “itu rasa kemanusiaan pihak lapas, apalagi sakit yang di derita beliau bersifat permanen. Jadi agar dekat dengan keluarga , beliau tetap di tahan di banyuwangi. kami juga sudah lapor ke kementerian. Hukum  dan hak asasi manusia (Kemenkumham) bahwa beliau sakit”, cetus Marlik.

Mantan Bupati Samsul Hadi meninggal dunia pada usia 65 tahun. Pria berkelahiran 23 april 1959 itu meninggalkan satu istri, yakni Erna Padmi Andajaningrum, dan tiga anak bernama Safrina, M. Nur utama, dan Tholib. Samsul juga meninggalkan seorang cucu hasil pernikahan safrina dan Nur  M. setelah disemayamkan dirumah duka, jenazah mantan Bupati Samsul Hadi di sholatkan di masjid agung baiturrahman (MAB) Banyuwangi sekitar pukul 15.00 kemarin (16/9).

 Ribuan warga ikut menyalatkan bupati yang menjabat periode 2000-2005 tersebut. Namun bukan hanya pihak keluarga besar dan masyarakat umum, Bupati abdullah azwar Anas beserta sejumlah pejabat pemkab banyuwangi juga ikut menyalatkan almarhum Samsul Hadi. Tidak ketinggalan para tokoh ulama ikut menyalatkan almarhum Samsul Hadi . Tidak ketinggalan para tokoh ulama ikut menyalatkan mantan Bupati  yang dikenal  sangat dekat dengan rakyat tersebut.

Usai disholatkan, almarhum Samsul Hadi dimakamkan di komplek Pemakaman Bupati Tawang Alun yang terletak di belakang Masjid Baiturrohman. (Humas Protokol)