LOMBA FESTIVAL TARI PELAJAR 2011 SEBAGAI AJANG MENCARI BIBIT PENARI PROFESIONAL

BANYUWANGI –Di aula Dinas Pendidikan digelar lomba festival tari tingkat TK,SD,SMP, DAN SMKK se-Kabupaten Banyuwangi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2011 yang berlangsung mulai 23 mei hingga 25 mei 2011, bertemakan “Raih Prestasi Junjung Tinggi Budi Pekerti”. Selain untuk memperingati hari pendidikan nasional, lomba ini juga bertujuan mencari bibit penari profesional yang akan di didik sejak dini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi Drs. Sulihtiyono, M.pd mengatakan, Saya harapkan lomba ini bisa memicu anak khususnya peserta, dalam bidang pendidikan kesenian agar nantinya muncul penari profesional dan bisa menuntaskan jenjang pendidikannya. Karena saat ini banyak penari profesional yang tidak bisa menuntaskan pendidikannya karena keterbatasan dana, “ imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia lomba festival tari, Sabari mengatakan,Tujuan dari lomba ini selain mencari bibit penari profesional dan untuk memperkenalkan tari – tarian tradisional dan kreasi baru juga untuk melestarikan tari – tarian yang ada sejak ratusan tahun yang lalu,” katanya.

Peserta dalam acara ini terdiri dari TK 27 regu, SD 38 regu, SMP 17 regu, SMA 14 regu. Jumlah ini merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah se Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan tari – tarian yang diperlombakan disesuaikan dengan tingkatan sekolah, untuk TK tari Kuntulan dan Jaranan Buto, untuk SD Jejer Gandrung, untuk SMP Seblang Lukinto dan Padang Bulan sedangkan Tingkat SMA tarian Jejer Jaran Dawuk dan Jaran Goyang. (HUMAS)