Liburan Natal & Tahun Baru 2019, Banyuwangi Dibanjiri Wisatawan

Liburan Natal & Tahun Baru 2019, Banyuwangi Dibanjiri Wisatawan

Banyuwangi – Banyuwangi menjadi salah satu kota tujuan wisata favorit di penghujung tahun 2019 ini. Sejumlah hotel dan destinasi wisata di Kota The Sunrise of Java ini pun dibanjiri wisatawan dari berbagai kota yang datang untuk menikmati pesonanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY. Bramuda mengatakan, pada musim liburan kali ini, Banyuwangi banyak dikunjungi wisatawan luar daerah. Para wisatawan mulai berdatangan memasuki Banyuwangi sejak hari Sabtu (21/12).

“Kami dapat informasi dari pengelola hotel kalau okupansi kamar meraka mulai penuh sejak Sabtu kemarin. Beberapa tempat wisata juga sudah mulai dibanjiri pengunjung. Kemungkinan tren ini akan terus berlangsung hingga tanggal 31 Desember,” kata Bramuda.

Bramuda mengatakan, pihaknya optimis tren peningkatan wisatawan akan terus terjadi di berbagai lokasi wisata Banyuwangi, karena  liburan akhir tahun ini cukup spesial. Selain libur natal dan tahun baru juga berbarengan dengan libur semseter anak-anak sekolah.

Banyaknya jumlah wisatawan tersebut diungkapkan oleh beberapa pengelola hotel dan destinasi wisata di Banyuwangi. Salah satunya adalah pengelola villa Solong, Himam Solehan. Himam mengatakan seluruh kamar di villa ini fully booked mulai hari minggu kemarin (22/12) hingga tanggal I januari 2020.

Villa Solong sendiri merupakan sebuah resort di tepi pantai yang langsung menghadap selat Bali. Keindahan pantai berkolaborasi dengan landscape villa yang indah jadi daya tarik utama villa ini. Sebanyak 20 Kamar bernuansa tradisional yang didesain secara eksklusif,  memberikan sensasi seperti sedang berada di pulau pribadi.

“Kamar kami ada 20 yang didesain eksklusifTamu kami penuh sampai awal tahun baru. Rata-rata dari luar kota seperti Jakarta dan Surabaya,” kata Himam.

Hal serupa diutarakan marketing communication Hotel Illira, Niken Fajar Andini yang mengaku jumlah keterisian hotelnya penuh mulai hari ini (23/12/2019)  hingga tanggal 31 Desember yang akan datang.

Hotel Illira merupakan hotel bintang tiga dengan 137 kamar yang dilengkapi dengan infinity pool yang menghadap langsung ke laut dan pegunungan. Pemandangan hotel ini juga langsung menghadap Pantai Solong.

“Tingkat okupansi hotel kami mulai hari ini sampai akhir tahun rata-rata 98,53 persen. Bahkan di beberapa hari mencapai 100 persen. Konsumen kami kebanyakan luar daerah tapi paling banyak dari Surabaya dan Jakarta dan mereka rata-rata memesan kamar secara online,” kata Niken.

Demikian juga di Hotel Aston Banyuwangi. Hotel dengan 123 kamar ini bahkan sudah mulai penuh sejak pertengahan bulan. “Kami full Okupansi sejak tanggal 15-31 Desember. Rata-rata pengunjung kami dari Jakarta, Surabaya hingga Kalimantan,” ujar Novi, public relation Hotel Aston.

Selain hotel, Destinasi wisata Banyuwangi juga dibanjiri wisatawan. Salah satunya adalah Bangsring Underwater yang ada di wilayah utara Banyuwangi tepatnya Kecamatan Wongsorejo. Pada hari minggu kemarin jumlah pengunjung yang datang mencapai 1000 orang.

“Ini baru awal liburan, kami prediksi beberapa hari kedepan akan terus meningkat karena ada libur natal dan tahun baru. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” kata Ikhwan Arief pengelola destinasi tersebut.