Kurangi Pemanasan Global, TP PKK Lakukan Penanaman Satu Miliar Pohon

Banyuwangi –  Untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon dalam mengurangi pemanasan global, Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi melaksanakan Penanaman Satu Miliar Pohon (Obit) dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon. Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak  PKK, Ny. Dani Azwar Anas  dilokasi penanaman pohon, Lapangan Terbang Blimbingsari, Rogojampi, Senin (28/10). Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Abdullah Azwar Anas beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Disampaikan Ny. Dani, kegiatan penanaman pohon merupakan kontribusi nyata yang dilakukan anggota PKK dalam perbaikan lingkungan. Selain anggota PKK, kegiatan ini, juga melibatkan lapisan masyarakat dari berbagai tingkatan mulai pramuka, kelompok tani, tokoh masyarakat pengusaha serta Lembaga Swadaya Masyarakat. “ Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang melekat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Ny. Dani.

Ditambahkan Ny. Dani, pelaksanaan kegiatan penanaman dilakukan diluar kawasan hutan. Dengan pertimbangan, lahan diluar hutan masih banyak yang belum ditanami dan sangat penting untuk dihijaukan. Sementara jumlah pohon yang ditanam sebanyak 200 pohon dengan jenis trembesi dan sawo kecik.

Sementara itu, pada acara yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut,  Bupati Abdullah Azwar Anas berkesempatan menyampaikan sambutan dari Menteri Kehutanan. Disebutkan kalau banjir dan longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia mengindikasikan telah terjadi kerusakan pada hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). “ Untuk itu diperlukan aksi nyata untuk mengatasi hal tersebut,” kata Bupati. Salah satunya adalah dengan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon.

Disampaikan Bupati, dengan kegiatan penanaman pohon tersebut, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup dengan kesadaran sendiri berperan aktif dalam rehabilitasi hutan dan lahan. (Humas dan Protokol)