Kunjungan Kerja Ke Rogojampi: Bupati Serahkan Bantuan

Rogojampi – Upaya Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengajak Camat dan Lurah serius dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya masing-masing mulai membuahkan hasil. Terbukti  sejumlah bantuan hasil program  Corporate Sosial Responsibility (CSR) pengusaha maupun instansi berhasil dihimpun oleh Kecamatan Rogojampi dan dimanfaatkan untuk membantu warga miskin setempat. Untuk mengapresiasi hal tersebut, Bupati Anas menyerahkan bantuan secara langsung kepada sejumlah penerima, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kecamatan Rogojampi , (8/7).

Bantuan yang  diberikan antara lain sebagai  modal usaha, pembelian kapal untuk mencari ikan, serta plesterisasi rumah. Bantuan untuk membeli kapal diberikan kepada 3 orang sebesar 2,5 juta untuk tiap orang.

Bupati berpesan kepada penerima agar uang tersebut dimanfaatkan sebagai mana mestinya, “ Uangnya jangan untuk beli rokok ya,” ujar Bupati yang disambut tawa semua orang yang hadir. Salah satu penerima bantuan modal usaha adalah Bu Suryani. Ia mengatakan kalau bantuan sebesar 500 ribu  yang diterimanya akan dipakai sebagai tambahan modal berjualan sayur keliling.   Sementara penerima bantuan modal usaha sekaligus plesterisasi adalah Pak Mundi. Ketika Bupati Anas sampai dirumahnya, terlihat kalau rumah Pak Mundi sudah dibongkar dan sedang dibangun kembali dengan gotong royong warga sekitar. “ Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Kepedulian warga dengan lingkungan sekitarnya sangat membantu pemerintah mempercepat program pengentasan kemiskinan.,” ungkapnya.

 

Selain memberikan bantuan, kunjungan Bupati kali ini juga untuk merekam kondisi realitas masyarakat Banyuwangi, khususnya di Kecamatan Rogojampi. Bupati meminta kepada Camat dan Lurah untuk mendata ulang penduduk miskin yang ada diwilayahnya. Karena ternyata masih ada penduduk miskin yang belum terdata dan belum menerima bantuan. “ Saya minta warga yang sudah tidak miskin untuk dikeluarkan dari daftar, agar tidak mengambil jatah orang yang masih miskin,” ujar Bupati Anas. “Sebagaimana janji saya nanti akan ada penghargaan untuk Camat dan Lurah yang berhasil mengurangi penduduk miskin diwilayahnya masing-masing,pada saat hari jadi Banyuwangi” ungkap Bupati. Dalam kunjungan itu Bupati anas juga menampung usulan masyarakat dan memberikan persetujuan untuk membantu pembangunan mushola dan jembatan yang rusak.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Bupati melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Huda, di desa Mangir. Bupati Anas berpesan agar pembangunan masjid ini juga diiringai dengan peningkatan kualitas ibadah masyarakat sekitar. “ Jangan sampai masjidnya bagus tapi kosong,” pesan Bupati Anas.

Dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi oleh Camat Rogojampi serta jajaran Pemkab banyuwangi.(Humas)