KUNJUNGAN BUPATI DI KECAMATAN SINGOJURUH

MENGGALI ASPIRASI DAN MEMANTAU PELAYANAN PUBLIK

Singojuruh – Untuk menggali aspirasi dan memantau berjalannya pelayanan publik secara langsung, Bupati Anas mengunjungi Kantor Kecamatan, Puskesmas, Polsek serta Koramil di kecamatan Singojuruh, kemarin siang (12/5) didampingi oleh Camat Singojuruh serta jajaran Pemkab Banyuwangi. Kunjungan yang terjadi atas inisiatif Bupati ini berlangsung secara marathon yang dimulai dari Kantor Kecamatan Singojuruh. Masuk kantor ini, warga akan disambut oleh seorang customer service yang akan melayani dan memberi petunjuk atas keperluan warga. Seorang warga yang ditanya oleh Bupati mengungkapkan kepuasannya dengan pelayanan kantor kecamatan karena proses pengurusan KTP yang dilakukannya cepat . Bupati memberikan apresiasinya terhadap hal ini. “Semoga momen ini bukan hanya kebetulan saja tapi merupakan komitmen Kecamatan Singojuruh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warganya,” ungkap Bupati. Ia juga berharap Kecamatan lain bisa melaksanakan hal yang serupa.

Di Polsek dan Koramil Bupati berkoordinasi masalah keamanan, apa saja kendala dan persoalan yang terjadi di lapangan. Dari diskusi itu, masih ada masalah kekerasan yang terjadi di antara warga namun sejauh ini bisa diatasi. Dengan kunjungan ini Bupati ingin mengenal lebih dekat para anggota Kepolisian, Babinsa maupun Danramil karena mereka semua merupakan garda terdepan dalam menangani masalah keamanan di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu di Puskesmas Singojuruh, Bupati mendapatkan laporan mengenai penyalahgunaan pemanfaatan Jamkesda. Ada pihak-pihak yang tidak seharusnya menerima program ini namun ikut menikmati fasilitas yang ada. Kedepan Bupati akan mempertegas syarat pengajuan penerima Jamkesda dan menunjuk Kepala Desa sebagai penanggungjawab data warga yang berhak atas program itu. “ Kalau ada orang mampu yang pakai Jamkesda, Kepala Desa yang harus bayar tagihan pengobatannya,” ujar Bupati yang disambut tawa semua yang hadir di sana.

Sebelumnya , di hari yang sama Bupati juga mengunjungi beberapa rumah tangga miskin (RTM) di Kecamatan Singojuruh. Pada kesempatan ini selain menyalurkan  bantuan sosial Bupati juga menampung harapan-harapan  warga kepada Pemerinah kabupaten. Hal ini akan dijadikan masukan dalam perencanaan program Pemkab pada periode mendatang.

Rombongan Bupati juga berkesempatan mengunjungi pondok pesantren untuk silaturahmi. Menurut Bupati pesantren ikut mempunyai andil dalam pembangunan Banyuwangi yang maju. Selain menjadi sekolah yang mendidik anak-anak bangsa, restu dan doa dari para Kyai dan murid-murid pesantren akan menjadi oase penyejuk yang bisa meringankan beban berat Bupati dan jajarannya. Pesantren diharapkan mampu mencetak generasi penerus yang memiliki akhlak terpuji dan kemampuan intelektual yang tinggi. (Humas)