KREDIT USAHA RAKYAT UNTUK MBOK Yem MBOK Nah


              Banyuwangi-Upaya Bupati Banyuwangi H.Abdullah Aswar Anaz,MSi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terus dilakukan dengan berbagai terobosan. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan pihak perbankkan, untuk sementara ini yang telah dilakukan penjajagan adalah mengupayakan ,agar pihak perbankkan mau mengucurkan kredit untuk pedagang kecil guna pengembangan usahanya. Dalam istilah Bupati Anas, kredit untuk mbok yem-mbok Nah, yakni pedagang mlijoan(pegadang sayur keliling), yang hingga kini selalu merasa kesulitan mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya yang ditekuni selama ini.

Keberadaan pegadang mlijoan walau kecil, sangat membantu masyarakat, lebih mendekatkan ibu-ibu rumah tangga ketika ingin berbelanja. Disamping itu keberadaan pedagang mlijoan merupakan bagian dari perputaran ekonomi di Banyuwangi. Namun disisi lain mereka selalu kesulitan modal untuk mengingatkan usahanya. Kondisi  ini yang selalu menjadi perhatian Kang Anas sejak belum menjabat sebagai Bupati, sehingga ketika menjabat Bupati, Kang Anas berusaha segera mewujudkan agar permodalan mereka meningkat, sehingga akan lebih menggeliatkan perekonomian di Banyuwangi.

Salah satu Bank yang telah mengadakan pembicaraan intensif dengan  Pemkab  yakni Bank BRI. Yang saat ini telah sampai tahap persiapan MoU, antara Pemkab dengan Bank BRI.

Rancangan KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang akan diluncurkan untuk pedagang Mlijoan, adalah kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafond kredit secara total eksposure sampai dengan Rp.20.000.000,- yang diberikan kepada usaha mikro perorangan yang memiliki usaha produktif.

SYARAT ADMINISTRASI :

  1. Copy KTP yang masih berlaku (suami dan istri)
  2. Copy KK yang masih berlaku
  3. Surat Keterangan Usaha dari Desa / Lurah

KETENTUAN :

  1. Diberikan bagi usaha mikro perorangan yg produktif
  2. Untuk Modal Kerja, jangka waktu maksimal 3 tahun
  3. Untuk Investasi, jangka waktu maksimal 5 tahun
  4. Perjanjian kredit cukup di bawah tangan

JARINGAN KERJA PT.BANK RAKYAT INDONESIA Kantor Cabang banyuwangi

Tersebar di seluruh wilayah pelosok kabupaten, terdiri dari :  Kantor Cabang,  3   Kantor Cabang Pembantu, 39 Kantor BRI Unit,  3   Kantor Teras BRI,Seluruh jaringan kerja ON LINE nasional, Tersedia ATM, Dapat langsung membuat  kartu ATM di setiap Unit Kerja. (Humas)