KEDATANGAN FOKKER-50 DISAMBUT ANTUSIAS MASYARAKAT BANYUWANGI

ROGOJAMPI-Senin siang (25/4) Bandara Blimbingsari dipenuhi oleh para wartawan dan Satker Pemkab Banyuwangi terkait. Siang itu adalah jadwal diujicobakannya Fokker- 50 (F-50)yang diberangkatkan dari Surabaya menuju Banyuwangi. Hadir untuk menyaksikan kedatangan pesawat yang sudah sangat ditunggu-tunggu masyarakat Banyuwangi tersebut, Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, S.Sos. didampingi Asisten Administrasi Umum, Drs. H. Slamet Karyono, dan Sekda Banyuwangi, Drs. Ec. Sukandi,MM. Wabup Yusuf menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya Fokker-50 ini. Jika selama ini masyarakat masih was-was ketika menumpang pesawat Cessna Grand Carravan karena ukurannya yang relatif  kecil, maka pesawat Fokker yang baru ini mampu memupus rasa ketakutan tersebut, dan mereka akan segera mencobanya.

Ketika menunggu kedatangan pesawat, Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Ketut Kencana NS menyampaikan bahwa setelah ujicoba ini, Fokker-50  tidak serta merta langsung beroperasi. “Akan ada launching pada hari  Senin depan (2/5),” ujarnya. Setelah itu pesawat baru akan dioperasikan pada  Rabu (4/5)  mendatang. Staf Dinas Perhubungan, Ali Ruci juga mengedarkan schedule penerbangan Fokker-50. “Pesawat ini akan melalui rute baru. Jadi selain rute lama yang melalui Surabaya, Banyuwangi dan Denpasar, Fokker-50 akan melewati Solo, Bandung dan Tanjung Karang (Lampung),”jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Sonny, Marketing PT Ramayana Duta. Dia optimis bahwa kehadiran F-50 akan akan berprospek baik ke depannya.  Pesawat tersebut akan melayani penerbangan  untuk rute Surabaya-Banyuwangi  dan Banyuwangi – Denpasar empat kali dalam sepekan, yaitu hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Jika rute-rute yang ada saat ini berjalan lancar, maka  tahun depan direncanakan akan ada  penerbangan directnya. Jadi kalau masyarakat Banyuwangi ingin pergi ke Bandung, tidak usah susah-susah lewat Surabaya, tapi bisa langsung dari Banyuwangi.

Fokker-50 tepat mendarat di bandara pukul 13.10 setelah beberapa saat berputar-putar dan meraung-raung di atas wilayah kota Banyuwangi. Pesawat berkapasitas 48 seat tersebut saat itu membawa penumpang 15 orang, diantaranya adalah Direktur Komersial Sky Aviation, Bambang Narayana beserta dua pilot dan dua pramugari berseragam ungu. “Tiket penerbangan berkisar mulai  Rp. 474 ribu hingga Rp. 700 ribu. Dan bagi calon penumpang yang sudah memesan lebih dulu akan kami prioritaskan,” ujarnya. “ Sayangnya bandara ini belum memiliki lampu  landasan pacu sehingga pesawat tidak bisa melakukan penerbangan di malam hari,” ujarnya.  Andy H. Suryaka dari Departemen Perhubungan selaku Kepala Bandara juga menambahkan, bahwa nantinya fasilitas kearah sana ( lampu landasan pacu) juga akan diperhatikan, tapi prioritas utama adalah pembangunan fasilitas bandara yang terkait langsung dengan kenyamanan penumpang.

Meski kedatangan Fokker-50 usai hujan deras yang mengguyur Banyuwangi, namun semua pihak yang menyambut kedatangan pesawat tersebut tetap bersemangat dan antusias. Bahkan mereka dipersilahkan untuk masuk kedalam pesawat yang tengah parkir, menyaksikan dari dekat dan merasakan kenyamanan didalam pesawat. (HUMAS)