Safari Ramadhan Putaran Ke - 3, digelar di Tegaldlimo

TEGALDLIMO – Memasuki putaran ke-3, Safari Ramadhan kali ini diselenggarakan di Kecamatan Tegaldlimo. Safari Ramadhan kali ini memang dipusatkan di Kecamatan Tegaldlimo, karena digabung dalam satu eks karisidenan Benculuk. Sehingga, yang mengikuti safari ada Kecamatan Muncar, Cluring, Purwoharjo dan Kecamatan Srono. 

Dalam  Safari Ramadhan  ini, Bupati Anas didampingi ibu Dani Azwar Anas,Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, Sekkab Sukandi , Forum Pimpinan Daerah (FPD) yang kesemuanya beserta istri. Juga Asisten dan Staf Ahli Bupati, pejabat teras pemkab dan para Kepala Instansi Vertikal, antara lain Kepala Cabang Bank BNI,  dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyuwangi.

Sebagaimana yang dilakukan pada safari Ramadhan sebelumnya, ajang silaturrahim ini digunakan Bupati untuk lebih dekat dengan warga.Dalam sambutannya Bupati mengatakan pemkab Banyuwangi  bekerja keras untuk memajukan Banyuwangi. “Banyuwangi butuh kebersamaan, bukan pertengkaran satu sama lain. Sudah saatnya kita bersatu,” ajak Bupati seraya meminta agar masyarakat dan pemkab duduk bersama mencari cara supaya Banyuwangi kedepan semakin baik.

Selain itu Bupati juga mengatakan bahwa musuh bersama dalam menghadapi pembangunan adalah tingginya tingkat kemiskinan di Banyuwangi. Sehingga dibutuhkan kerjasama antara pemkab dan para pihak untuk sama-sama mengentaskan kemiskinan. Beberapa data disampaikan Bupati kepada segenap hadirin mengenai terobosan-terobosan  yang telah dan akan dilakukan pemkab terkait pengentasan kemiskinan.

Data KUR (Kredit Usaha rakyat ) tahun 2011 mulai bulan Maret hingga Juli telah mencapai 7.414 nasabah dengan jumlah dana mencapai Rp 56 miliar. Berikutnya, guru TPQ dan TPA  yang akan menerima insentif, sebanyak 16.617 orang dengan nilai insentif sejumlah Rp 6 miliar. Bantuan kader posyandu diberikan bagi 2.354 kader sejumlah Rp 2 miliar. Dan plesterisasi bagi  1000 rumah senilai Rp 1 miliar. Sedangkan dana bantuan bagi ketua RT dan RW sebanyak 13.399 orang senilai Rp 8 miliar  akan dibagikan secara serentak di 24 Kecamatan di Banyuwangi pada Sabtu pagi (20/8), dengan syarat masing-masing membawa data yang valid tentang penduduk miskin yang ada di wilayahnya.

Usai memberikan wejangan, Bupati Anas juga menyerahkan santunan kepada anak yatim, pemberian sembako kepada masyarakat tidak mampu dan menyerahkan bantuan pembangunan kepada beberapa masjid yang ada di wilayah kerja Se-eks pembantu Bupati Benculuk. Selain itu Bupati juga menyerahkan zakat dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Banyuwangi dan  5 Kecamatan (Tegaldlimo, Muncar,Cluring, Purwoharjo,dan Srono)   untuk beasiswa pelajar berprestasi dan modal usaha, masing-masing senilai Rp. 500 ribu. Dilanjutkan buka bersama dan sholat magrib berjamaah dengan masyarakat, yang sebelumnya didahului dengan siraman rohani oleh Ustad Nur Khozin,MPd. (HUMAS)