Kecamatan Kalipuro Menutup Rangkaian Safari Ramadhan Bupati

KALIPURO – Rangkaian kegiatan safari Ramadhan Bupati dan Muspida telah mencapai puncaknya, Jumat (26/8) di Kecamatan Kalipuro, setelah sebelumnya bersafari di kecamatan Siliragung, Gambiran, Tegaldlimo, dan Genteng. Kecamatan yang digabung dalam safari Ramadhan kali ini antara lain kecamatan Banyuwangi, Kalipuro, Giri, Glagah, Licin dan Wongsorejo yang termasuk dalam kecamatan se-eks pembantu bupati Banyuwangi. Masyarakat tampak antusias menyambut kehadiran Bupati Banyuwangi, H.Abdullah Azwar Anas,Msi di tengah-tengah mereka.

Sebelum memberikan sambutan, bupati menyerahkan bantuan dan penghargaan secara simbolis kepada 480 warga masyarakat yang kurang mampu berupa sembako, zakat cerdas dari BAZ Kalipuro untuk 18 siswa cerdas yang  tidak mampu, santunan untuk 300 anak yatim, bantuan untuk 524 sabilillah, bantuan perlengkapan sholat untuk masjid, serta penghargaan untuk juara I Gerak Jalan putra, Juara I MTQ dan juara I lomba posyandu. Bupati juga sedikit berpesan supaya setiap kegiatan selalu ada santunan untuk anak yatim, karena merekalah yang mendoakan agar Banyuwangi aman dan tenteram.

Selanjutnya dalam sambutannya Bupati menekankan bahwa apa yang ia lakukan dan ia perjuangkan untuk Banyuwangi  dianalogikannya  sebagai  sambungan dari  rangkaian gerbong  panjang di masa lalu. “Setiap pemimpin di masa lalu harus diberi penghargaan, terlepas dari  kekurangan yang ada dalam kepemimpinannya,” ujar Bupati. Bupati menambahkan bahwa langkah-langkah politik yang telah ditempuhnya dalam memimpin Banyuwangi yakni mempertahankan hal lama yang baik dan memasukkan hal baru yang lebih baik, melalui politik akomodasi, dan bukan politik konfrontasi. Selanjutnya Bupati mengajak segenap elemen yang ada untuk berbagi tugas. Misalnya LSM melakukan kontrol secara proporsional, ulama yang mendoakan dan pemerintah bekerja.” Sehingga kerja bersama ini mampu membuat tugas kita menjadi lebih ringan,” tambah Bupati.

Sepintas Bupati juga membeberkan pada segenap hadirin bahwa di Banyuwangi akan ada Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS), yang didukung langsung oleh kalangan Perbankan. Dana yang mencapai Rp 11 miliar sudah cair. “Dan yang membanggakan, Kalipuro adalah salah satu desa terpilih yang didalamnya terdapat 360 sapi,” tutur bupati disambut tepuk tangan hadirin.

Acara dilanjutkan  dengan ceramah hikmah Ramadhan oleh Kyai Haji Ahmad Khusairi, yang mengajak semua hadirin untuk bersyukur dan ingat bahwasanya kenikmatan terbesar yang kita miliki saat ini adalah hidayah agama Islam. “Hanya dengan hidayah Islam dan imanlah kita bisa menyelamatkan diri di hadapan Allah dan membuka pintu-pintu surga. Selain itu kita juga patut bersyukur umur kita masih diperjumpakan dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh barokah dan ampunan, “ujar Kyai lagi.

Ceramah ditutup dengan doa dan menikmati takjil berbuka, dilanjutkan sholat maghrib berjamaah dan menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh tuan rumah. Seperti biasa Bupati juga didampingi oleh Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Sekkab Sukandi, beserta para istri,   anggota Forum Pimpinan Daerah dan para kepala dinas. Selain itu hadir pula para  alim ulama, tokoh masyarakat, dan  pimpinan perusahaan baik BUMN maupun swasta.(HUMAS)