Kapolri Menyapa Pemudik Di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

BANYUWANGI – Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Sabtu (3/9) sekitar pukul 11.00, menyapa sejumlah pemudik yang akan kembali ke Pulau Dewata lewat Pelabuhan Penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Bersama rombongan Bupati Abdullah Azwar Anas dan Kepolisian Resort Banyuwangi, Kapolri juga melihat kondisi kapal penyeberangan yang ada di pelabuhan tersebut. Saat melintas antrean kendaraan pelabuhan Ketapang, Timur menyalami sejumlah pemudik yang sedang mengantri untuk masuk ke dek kapal. Selain itu, kunjungan ini juga di ikuti oleh Kapolda Jawa Timur Irjen (Pol) Hadiatmoko dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo.

"Bagaimana kondisi penyeberangan, antrenya lama gak?" tanya Timur kepada pemudik sekeluarga yang akan menyeberang memakai kendaraan roda empat. Saat melintas di dermaga pelabuhan, Timur juga sempat menyalami tiga pengendara mobil yang bersiap masuk kapal.“ Sabar ya antre, hati – hati dan semoga selamat sampai tujuan,” ucapnya sambil bersalaman.

Menurut Timur, Sabtu (3/9) dan Minggu (4/9) besok merupakan puncak arus balik. Kepadatan tidak hanya terjadi di Ketapang-Gilimanuk, tapi juga di Surabaya-Madura lewat jembatan Suramadu. "Pemudik mulai pulang hari ini dan Anggota Polri kami minta siaga terus, walaupun saat ini sudah pada titik lelah," ujarnya. “ Saya harap pihak ASDP dan anggota kami (kepolisian) bisa terus bekerja sama agar semua masyarakat bisa dilayani, “ imbuhnya. Setelah mengunjungi pelabuhan Ketapang, rencananya Timur akan memantau arus mudik di Jembatan Suramadu, Madura, Jawa Timur.

Salah satu pemudik dari Banyuwangi yang akan kembali ke Denpasar, ira (35thn) mengatakan ia memilih kembali hari ini karena liburan sekolah berakhir pada hari minggu dan antrean kendaraan tidak terlalu padat. “ Balik hari ini karena hari Senin anak – anak sudah masuk sekolah dan antreannya tidak terlalu lama,“katanya. (Humas)