Kabupaten Sanggau-Kalbar Belajar ke Banyuwangi, Tertarik Cara Banyuwangi Kemas Pariwisata dan Integrasikan Seluruh Sistem

BANYUWANGI – Berbagai progress yang dibuat Banyuwangi membuat Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat tertarik untuk belajar. Dipimpin Bupati Sanggau, Paolus Hadi, rombongan yang berjumlah 25 orang itu  diterima Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas di Kantor Pemkab Banyuwangi, Selasa (6/8/2019). 

"Kami banyak mendengar bahwa semua sistem yang ada di Banyuwangi semuanya terintegrasi dengan teknologi informasi. Desa dengan kota dan juga antar SKPD. Ini membuat kami tertarik untuk mengetahui bagaimana agar hal tersebut bisa terintegrasi dengan menyeluruh," kata Paolus.

Selain itu, Paolus mengaku, Sanggau juga tertarik dengan  upaya Banyuwangi mengelola pariwisatanya. "Kami juga punya beberapa event dan destinasi, tapi belum terkemas seperti Banyuwangi. Cara Banyuwangi mengemas festival dan destinasi wisatanya inilah yang akan kami gali lebih dalam. Juga bagaimana membuat program yang bagus untuk masyarakat dan membangun team work yang hebat," beber Paolus.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas  mengatakan, pariwisata memang menjadi salah satu fokus Pemkab Banyuwangi. "Kami memilih pariwisata karena paling cepat mendatangkan uang, cashflow-nya paling tinggi. Dan di sini kami punya semua, mulai dari gunung, laut, pantai, sungai, taman nasional, sampai air terjun. Tinggal perlu pengelolaan yang baik saja. Termasuk, kalau kita ingin membangun di Banyuwangi, jangan sampai meninggalkan identitas lokal yang kita punya," ujar Anas.

Festival pun, imbuhnya, ketika menjadi bagian dari rutinitas, tidak akan ada ruhnya. "Karena itu di Banyuwangi, kami menjadikan festival sebagai instrumen untuk mendorong ekonomi, soliditas birokrasi dan lain-lain. Aparatur Sipil Negara (ASN) juga kami dorong untuk menjadi orang yang tangguh dan serba bisa, termasuk menjadi event organizer setiap acara yang kami buat," tutur Anas.

Ke depan, Pemkab Sanggau berencana untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi. Penjajakan untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU) pun tengah dilakukan. 

Di saat yang sama, Bupati Banyuwangi juga menerima kunjungan dari kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Minahasa Tenggara yang datang bersama wakil bupatinya, Jocke Legi. (*)