Hari Ibu, Wabup Yusuf Ajak Perempuan Banyuwangi Ikut Majukan Daerah

BANYUWANGI – Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko mengajak perempuan Banyuwangi turut andil dalam memajukan daerahnya. Hal itu disampaikan Yusuf saat pada peringatan Hari Ibu yang ke- 91, yang di gelar Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di Gedung Paramitha Kencana, Kamis (19/12/2019). 

Menurut Wabup peran perempuan saat ini sangat penting untuk keberlangsungan majunya suatu daerah. Tidak banyak yang tahu perempuan memiliki kekuatan hebat yang selalu ada dalam dirinya.

"Momentum Hari Ibu ini kami harapkan mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan kemajuan perempuan sebagai sumber daya potensial pembangunan. Sesuai dengan temanya Perembuan Berdaya Indonesia Maju”, ujar Wabup.

Selain itu, kata Wabup, organisasi wanita bisa bersinergi dengan pemerintah, salah satunya membuat kegiatan yang bisa membantu pemerintah. Misalnya ikut terlibat dalam menurunkan angka kemiskinan, peningkatkan perekonomian dan pelayanan kepada masyarakat. “

“Pemerintah memberikan ruang selebar-lebarnya dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan GOW. Misalnya ada pameran , pelatihan ibu-ibu yang ingin ikut kami sangat mengapresiasi. Karena  peran ibu-ibu ke depan sangat penting. Daerah yang hebat, pasti di belakangnya ada ibu-ibu yang hebat,” katanya.

Sementara itu, Ketua GOW Kabupaten Banyuwangi, Ny Minuk Yusuf Widiyatmoko menambahkan, seiiring dengan momentum hari Ibu ini oragnisasi perempuan harus berdaya dan maju. “Perempuan masa kini adalah perempuan yang eksestensinya setara dengan laki-laki ," ujar Ny Minuk.

Ny Minuk pun, menyatakan siap berkolaborasi dengan pemkab untuk memberdayakan perempuan. Selama ini, kata Minuk, pihaknya  juga telah membekali ibu-ibu dengan berbagai workshop dan pelatihan. Misalnya, workshop parenting hingga pembuatan makanan olahan. Bahkan saat ini kampun mengundang Dr H Aisyah Dahlan untuk memberikan materi di acara dengan mengambil tema “The Power of Silahturahmi.  “Dengan bekal ini, kami oprimis bisa memberikan mereka tambahan ilmu yang bisa digunakan untuk membangun daerah,” kata Ny Minuk.

GOW sendiri, kata Ny minuk, adalah gabungan 26 organisasi wanita. Di antaranya Bayangkari, Persit, Dharmayukti, Adyaksa, Kaukus Perempuan, Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI), Himpunan Perias, Wanita Kristen Indonesia, Perwosi. Hadir dalam pelatihan Penasehat GOW, Ny Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Sebelumnya, peringatan Hari Ibu di Banyuwangi diawali dengan beragam kegiatan sosial dan palatihan serta lomba-lomba untuk peningkatan kualitas perempuan. Selain juga berziarah di Taman Makam Pahlawan  Banyuwangi. (*)