Guru Pembina Ekskul Pramuka Ikuti Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa

BANYUWANGI – Berawal dari keprihatinan atas krisis multi dimensional, akhlak, moral dan mental generasi muda yang berdampak pada perubahan perilaku yang mengarah pada kriminalitas, Kementerian Pedidikan Nasional (Kemendiknas) menyisipkan pendidikan karakter bagi generasi muda melalui kepramukaan. Karena itulah diadakan Bimbingan Teknis Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pembina Ekstrakurikuler Pramuka untuk jenjang pendidikan dasar tahun 2011 se-Kabupaten Banyuwangi, Senin (12/12).

Bupati Abdullah Azwar Anas ketika membuka acara yang berlangsung di Gedung Pramuka Kwarcab Banyuwangi tersebut menyatakan apresiasinya atas  kegiatan-kegiatan kepanduan dan organisasi sekolah. “Penyemaian benih-benih kepemimpinan itu muncul di sekolah. Karena itulah periode emas tersebut harus mendapatkan perhatian penuh,” tutur Bupati Anas. “Kegiatan ini semoga bisa menjadi  kegiatan produktif bagi anak-anak SD, yang nantinya  bisa berlanjut dan berfungsi untuk meredam eksternalitas diluar sekolah seperti pengaruh TV dan lingkungan luar,” tambah bupati lagi, yang dalam kesempatan tersebut juga didampingi Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko.

Bupati juga mengacungkan  jempol bagi panitia yang mau mengadakan acara tersebut di markas pramuka itu sendiri. "Pelatihan tidak harus di hotel. Justru dengan diadakannya pelatihan di markas sendiri semacam ini dapat meningkatkan efisiensi dan baik bagi keberlangsungan hidup organisasi, " puji bupati.

Acara yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 12 – 14 Desember 2011 tersebut terhitung sebagai kegiatan yang baru pertama kalinya akan dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Peserta sebanyak  50 orang  berasal dari Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Banyuwangi, dan mereka akan mengikuti seluruh materi dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Adapun pemateri berasal dari tim pelatih Kwarcab Banyuwangi yang sudah didiklat di tingkat nasional, BaKesbangpolinmas dan Dinas Pendidikan.(Humas & Protokol)