GEMPA KEKUATAN 6,1 SR DI LAUT SELATAN JAWA TIMUR TERASA HINGGA BANYUWANGI

 

 

BANYUWANGI – Gempa dengan kekuatan 6,1 SR dengan pusat gempa 199 km arah barat daya kabupaten Jember dan 170 arah tenggara Kabupaten Blitar, dengan kedalaman 25 km terjadi sekitar pukul 07.15 WIB tepatnya pada posisi 9.55 Lintang Selatan – 112.55 Bujur Timur, Senin (17/05). Gempa ini terasa kuat di sepanjang pantai selatan pulau Jawa termasuk Kabupaten Banyuwangi dan bisa dirasakan hingga Denpasar, Bali.

Kepala Stasiun Meteorologi klas 3 Banyuwangi, Atmaji Putro, mengatakan dari informasi yang di dapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat bahwa telah terjadi gempa 6,1 SR yang berpusat di laut selatan pulau jawa dengan kedalaman 25 km dan tidak berpotensi tsunami, untuk itu masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya di minta untuk tidak panik dan tidak terpicu isu – isu orang yang tidak bertanggung jawab. "Tadi kami telah menerima informasi dari BMKG pusat bahwa telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,1 SR dengan kedalaman 25 km di bawah laut, posisinya 199 km barat daya jembar dan 170 km tenggara blitar namun tidak berpotensi tsunami untuk itu masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya tidak usah panik ataupun percaya pada isu yang belum jelas,” katanya.

Sementara itu, Wawan warga kelurahan Panderejo Banyuwangi, sempat merasakan gempa pada pukul 07.15 WIB, saat ia sedang asyik bersantai. Beberapa benda yang tergantung terlihat bergerak. “ Lampu gantung dan kabel listrik di rumah saya terlihat bergerak sekitar 15 detik, tadi sekitar jam 07.15 WIB, ” kata Wawan.

Sementara itu hingga saat ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat terus melakukan pantauan apa bila terjadi gempa susulan meski gempa sebelumnya tidak berpotensi tsunami.(Humas)