Gelar Senam Cuci Tangan, Ribuan Warga Banyuwangi Cegah Virus Corona

Banyuwangi - Wabah virus Corona diantisipasi oleh masyarakat Banyuwangi dengan berolahraga. Ribuan warga menggelar jalan sehat dan senam bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi. 

Hadir dalam acara yang digelar di Taman Blambangan, Minggu (8/3/2020), Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar, Danlanal Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal dan Dandim 0825 Letkol (Inf) Eko Yuli Purwanto. 

Dalam acara yang diinisiasi oleh Polresta Banyuwangi itu, mereka senam cuci tangan bersama mengkampanyekan hidup bersih mencegah virus Corona menyebar. Sebelumnya, diawali dengan jalan sehat bareng ribuan warga. 

"Kami lakukan bersama dengan ribuan masyarakat Banyuwangi. Kita jangan hanya meratapi adanya virus ini, tapi bagaimana bangkit untuk melawan. Salah satunya dengan olahraga dan hidup sehat," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin. 

Kapolresta menambahkan, masyarakat diharapkan tenang dan tidak terpancing dengan isu penanganan Corona yang kurang jelas. Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan ruang isolasi yang mumpuni dalam memberikan pelayanan prima terhadap pasien Corona. 

"Masyarakat tak usah panik. Karena pemkab juga sudah menyiapkan fasilitas khusus untuk pasien corona. Kita juga minta masyarakat tak terprovokasi dengan isu adanya pasien corona di Banyuwangi. Insha Allah Banyuwangi aman dengan Corona," tambahnya. 

Kapolresta juga mengimbau agar tidak ada aksi borong dan penimbunan masker dan hand sanitizer. Karena hal tersebut melanggar undang-undang. 

"Jangan melakukan penimbunan," tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada aparat kepolisian yang telah menginisiasi kegiatan senam cuci tangan untuk kesehatan masyarakat dan pencegahan virus Corona. Hal ini juga menjadi momentum masyarakat mengenal tentang virus Corona lewat sosialisasi dan aksi serentak ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolresta yang sudah melakukan kegiatan yang bermanfaat. Polisi hadir untuk memberikan kenyamanan masyarakat agar tidak khawatir dalam menghadapi Corona," ujarnya. 

"Pola hidup sehat dan mencuci tangan juga kita galakkan dalam mencegah adanya virus corona," pungkasnya. (*)