Garuda Segera Terbangi Banyuwangi

BANYUWANGI – Menghadapi ASEAN Open Sky yang dimulai 2015 mendatang, PT Garuda Indonesia Tbk, akan membeli 38 pesawat kecil jenis ATR 72-600 untuk melayani rute-rute  pendek. Ini adalah salah satu strategi maskapai dalam negeri menghadapi kompetisi maskapai asing untuk menyiapkan rute domestiknya. Salah satu rute pendek yang akan segera digarap Garuda adalah Banyuwangi-Surabaya PP. 

Hal itu diungkapkan General Manager Garuda Indonesia Perwakilan Surabaya, Ari Suryanta di ruang kerja Bupati Banyuwangi, Rabu (23/7). Dikatakan Ari, dua dari 38 pesawat pesanan tersebut akan datang pada November ini. “Rencananya pesawat yang datang duluan ini akan kami operasikan pada rute Banyuwangi,” ujar Ari.

Untuk itu, lanjut Ari, kedatangannya kali ini adalah memastikan rencana tersebut dengan melakukan survey market Bandara Blimbingsari. Survey ini, mulai dari melihat data pertumbuhan penumpang pesawat, wawancara dengan sejumlah penumpang dan travel agent, juga melihat kondisi bandara.

Ditambahkan Ari, Bandara Blimbingsari Banyuwangi dipilih karena pesatnya pertumbuhan industri pariwisata serta industri di Banyuwangi yang besar. Begitu pula dengan pertumbuhan penumpang pesawatnya besar. Jumlah pertumbuhan penumpang di Bandara Blimbingsari naik hampir 4 kali lipat. Bila tahun 2011, hanya 7 ribu ribu penumpang kini telah melonjak hingga 25 ribu penumpang.

Pertimbangan lain, kata Ari, sudah dua maskapai swasta beroperasi sebelumnya dan telah ada sekolah pilot. Sejak 20 September 2012, penerbangan Surabaya-Banyuwangi PP dilayani maskapai Wings Air dengan pesawat ATR 72-500. “Itu semua menjadi peluang bagi kami dan alasan kita menambah flight di Banyuwangi,”  kata Ari.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimis infrastruktur Bandara Banyuwangi layak didarati ATR 72-600. Menurut Bupati Anas, pesawat tersebut membutuhkan landasan 1.200 meter, sementara panjang landasan di Bandara Banyuwangi 1.800 meter. “Masuknya Garuda ini tentunya akan menambah nilai tersendiri bagi Bandara Blimbingsari,” kata Bupati Anas. (Humas & Protokol)