Forkompinda Banyuwangi Patroli Cek Kesiapan TPS

Banyuwangi - Memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Banyuwangi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Banyuwangi melakukan patroli dan pengecekan di sejumlah kantor kelurahan dan tempat pemungutan suara (TPS), Selasa malam (16/4/2019).

Rombongan Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko bersama Kapolres, AKBP taufik Herdiansyah Zeinardi dan Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (inf) Ruli Nuryanto meninjau lokasi pertama, di TPS 11 di Lingkungan Singomayan, Kelurahan Singonegaran Kecamatan Banyuwangi.

Selama meninjau TPS, Forpimda bertemu langsung dengan Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Selain itu, rombongan juga meninjau persiapan TPS mulai tempat tunggu, bilik suara, pengeras suara, lampu penerangan dan kesiapan lainnya.

"Pengecekan kita lakukan malam hari. Kita ingin tahu bagaiamana persiapan yang dilakukan oleh TPS dan kelurahan. Di injury time kita lihat apakah ada yang kurang. Nanti bisa dilengkapi sebelum pencoblosan berlangsung besok (17 April)," ujar Wabup Yusuf Widyatmoko.

Wabup Yusuf berharap, tidak ada TPS yang kesulitan atau kekurangan persiapan dalam pemilu serentak ini. "Jangan sampai tidak berjalan atau macet di tengah jalan pencoblosan ini. Kami harap semua tersedia. Kalau kurang apa-apa bisa lapor ke PPK, Kelurahan atau desa," tambahnya.

Ditambahkan oleh Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, kegiatan cek kesiapan TPS merupakan upaya untuk mengantisipasi adanya gangguan dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman dan kondusif.

“Upaya ini kami gelar sebelum, saat dan pasca kegiatan Pemilu 2019 untuk memastikan kegiatan Pemilu tahun ini berjalan aman dan damai,” ungkapnya.

“Kita laksanakan patroli cek TPS. Ya untuk memonitor dan memastikan pelaksanaan pendistribusian logistik pemilu, kotak suara berjalan aman. Sehingga masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu bisa berjalan lancar,” jelasnya.

Kapolres Taufik menambahkan, langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019 terus dilakukan unsur pimpinan Forkopimda Banyuwangi.

Pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) demi terciptanya pemilu yang aman, damai jujur dan adil.

“Mari kita bersama – sama menjaga kondusivitas Pemilu 2019. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat mustahil Pemilu dapat berjalan aman dan kondusif,” pungkas Kapolres. (*)