FAM TRIP PRESS TOUR 2011

BANYUWANGI-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi menggelar Familiar Trip atau lebih dikenal dengan Fam Trip untuk yang kedua kalinya. Sebagaimana judulnya ( Familiar Trip), tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempromosikan sejumlah tempat  pariwisata dan budaya agar lebih  dikenal oleh  dunia luar. Peserta yang berjumlah 30 orang berasal dari media cetak dan media elektronik  di Surabaya. Sedangkan undangan dihadiri oleh dinas-dinas terkait di kabupaten Banyuwangi  ,PHRI (Persatuan Hotel Restoran Indonesia) Jatim, dan ASITA .

Acara yang diikuti oleh lebih dari 100 orang tersebut berlangsung di Hotel Ketapang Indah dan diawali dengan welcome dinner sekaligus pengarahan dari Kepala Dinas Pariwisata, Suprayogi SH,MM  pada hari Sabtu malam (30/4) tentang acara  yang akan berlangsung hingga tanggal 2 Mei 2011 tersebut. Rutenya   meliputi Kawah Ijen, Ijen Resort (Temu Bupati Banyuwangi Azwar Anas sekaligus lunch),Sanggar Genjah Arum di Kemiren, Plengkung/ G- Land, Sadengan, dan kawasan Taman Nasional Alas Purwo ( Ngagelan dan Bedul). Turut memberikan sambutan, Wakil Kepala Dinas Propinsi Jatim, Sunarmaji, SE,MM.”Pariwisata Banyuwangi dijadikan agenda propinsi, terutama setelah keberadaan Bandar Udara dan Fokker-50,”ujarnya.”Jika pada Fam Trip sebelumnya yang menjadi peserta adalah para travel agent, maka pada Fam Trip yang kedua ini sengaja dilibatkan media cetak dan elektronik  sebagai pesertanya,”tambah Sunarmaji lagi seraya mengungkapkan bahwa andalan Propinsi Jatim yang ditampilkan dalam slide Dinas Propinsi Jatim adalah Plengkung, Karapan Sapi, Reog Ponorogo dan Bromo.

Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, S.Sos yang malam itu didhapuk membuka acara , terus memprovokasi  peserta supaya tidak ketinggalan sedikitpun objek-objek wisata yang ditawarkan dalam Fam Trip kali ini. Beliau menceritakan keindahan potensi  Banyuwangi yang layak untuk dimuat dalam media cetak dan ditampilkan dalam media elektronik. Peserta dihibur dengan beberapa kesenian khas Banyuwangi diantaranya tembang Banyuwangian yang diiringi alat musik khas Banyuwangi, tarian Kembang Goyang dan Jejer Jaran Goyang. Selain itu juga diputarkan slide tentang berbagai potensi wisata di Banyuwangi. Minggu(1/5),jam 4.30, peserta Fam Trip melanjutkan perjalanan ke Kawah Ijen dan berakhir pukul 11.30. untuk selanjutnya menuju ke Ijen Resort. Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, MSi bertemu dengan para peserta Fam Trip di Ijen Resort seusai perjalan dinas ke Jakarta. Bupati sempat menikmati perjalanan menuju Ijen Resort dengan mengendarai sepeda dari Kecamatan Licin.Pukul dua siang peserta Fam Trip kemudian melanjutkan perjalanan ke Sanggar Genjah Arum milik Iwan, seorang pemerhati budaya masyarakat Using ,untuk melihat miniatur rumah masyarakat Using, cara membuat dan meminum kopi, dan menikmati durian. Puas menikmati pesona yang ditawarkan sanggar tersebut, jam 15.00, semua peserta meluncur ke Joyo's Camp dan bermalam di Plengkung. Dan keesokan harinya, akan melanjutkan perjalanan ke rute-rute yang telah ditentukan. Pada akhir trip, peserta akan pulang kembali ke Surabaya dengan mengendarai Fokker-50, yang kebetulan bersamaan dengan saat peluncurannya (launching).

( HUMAS )