DISHUBKOMINFO REKRUT JUKIR PEREMPUAN

Banyuwangi (23/2) Dalam rangka tertib lalulintas dalam pengaturan parkir di jalan serta persamaan gender, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi mengadakan Rekrutmen juru parkir (Jukir) bagi kaum hawa.

Sebanyak 20 orang perempuan mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi tadi pagi. Mereka adalah para jukir perempuan yang siap melaksanakan tugas sebagai juru parkir wilayah Kabupaten Banyuwangi. Para jukir perempuan mendapatkan pembinaan dari Dinas Perhubungan serta melaksanakan kontrak kerja sama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi.

 Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi Drs.Ketut Kencana Nirha Saputra melalui kasie Perhubungan darat Hendra Lesmana bahwa rekrutmen jukir permpuan ini merupakan kebutuhan Dinas Perhubungan dalam rangka kelancaran dan ketertiban lalu lintas mengingat pendapatan retribusi parkir yang diperoleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika pada tahun 2009 sebesar 5,5 miliar dari target yang ditetapkan sebsar 4,3 miliar,maka perlu diadakan penambahan personal juru parkir ungkap Hendra.

             Selain dari itu dilepaskan juga bahwa berdasarkan dialog Bupati Banyuwangi dengan warga di pasar muncar beberapa waktu lalu juga disinggung oleh Bupati tentang anggota juru parkir yang kebanyakan adalah para kaum laki-laki, maka dalam kesempatan itu Bupati juga mengharap  ada jukir perempuan sperti halnya di kota-kota besar /ibu kota lainnya.

Berdasarkan inisiatif tersebut maka Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi membuka peluang bagi kaum perempuan untuk jadi juru parkir di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sehingga lanjut Hendra sampai sekarang ini sudah ada 20 orang perempuan yang sudah siap menjalankan tugas sebagai juru parkir di wilayah Kabupaten Banyuwangi.(dro/Pde).