Disbudpar Gelar Festival Seni dan Budaya

BANYUWANGI – Festival Seni dan Budaya Banyuwangi digelar di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jumat malam (22/7). Acara yang dibuka dengan kolaborasi musik etnik Banyuwangi tersebut diikuti oleh 6 sanggar tari yang ada di Banyuwangi. Secara bergantian mereka menampilkan tari-tarian khas Banyuwangi dan pertunjukan teatrikal yang rancak dan unik.

Melihat penampilan mereka yang menarik, Bupati Abdullah Azwar Anas, memberikan apresiasinya terhadap perkembangan dunia seni di Banyuwangi. “Semoga ke depan musik tradisional Banyuwangi bisa terus kita lestarikan. Nantinya acara ini kita akan adakan sebulan minimal 15 kali biar turis asing tertarik,” ujar Bupati.

Khusus untuk Dinas Pariwisata, kata Bupati, supaya membiasakan tampil melatih menari siswa-siswi SD  hingga SMA disini, agar bisa melestarikan budaya," tutur Bupati,

Selain itu, Bupati Anas juga  mengimbau seniman dan budayawan  untuk berhenti berdebat.  "Mari bekerjasama  membangun jejaring pariwisata. Jangan sampai turis datang ke Banyuwangi cuma tahu tempat pariwisata kita saja, tapi tidak tahu budayanya,”tambah Bupati. (hamas)