Dinkes Kerjasama Dengan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Wujudkan Banyuwangi Cerdas

BANYUWANGI – Untuk mendukung pelaksanaan program Banyuwangi Cerdas, Dinas Kesehatan (Dinkes)melakukan penandatanganan kerjasama pelaksanaan program Harapan Keluarga Peduli Anak Sejak Dini (Harga Pas) dan Program Anak Tumbuh Optimal, Berkualitas dan Cerdas (Anak Tokcer) dengan perwakilan organisasi sosial kemasyarakatan. Kerjasama itu  diantaranya ditandatangani oleh ketua PKK, Dani Azwar Anas, ketua pimpinan cabang (PC) Muslimat Nahdatul Ulama (NU), Ketua PC Fatayat NU dan Ketua PC Aisiyah, di Kantor Dinkes, Selasa (4/10).

Menurut Hariadji tujuan penandatanganan kerjasama untuk memberdayakan organisasi sosial masyarakat dalam mewujudkan Banyuwangi Cerdas. Menurutnya, perlu dukungan yang sangat besar dari masyarakat agar program tersebut bisa berhasil. “Dukungan masyarakat bisa dilakukan dengan menerapkan Harga Pas dan Anak Tokcer dalam kehidupan keluarganya,” ujar Hariadji.

Program Harga Pas, kata Hariadji  adalah program persiapan yang dilakukan oleh orang tua sebelum seorang anak lahir kedunia. Antara lain dengan memeriksakan kehamilan dan melakukan proses bersalin dengan tenaga kesehatan. Sementara Program Anak Tokcer, dilakukan setelah anak lahir kedunia, antara lain penimbangan berat badan anak secara rutin, pemberian ASI eksklusif, serta memberikan asupan makanan yang bergizi.

Hariadji berharap kedua program ini bisa diterapkan oleh masyarakat untuk mewujudkan Banyuwangi Cerdas. “ Untuk itulah kami mengharapkan peran serta organisasi sosial kemasyarakatan bisa mendorong berjalannya program ini di lingkungan kita bersama,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko yang turut menyaksikan penandatanganan kerjasama tersebut menyampaikan dukungannya. Wakil Bupati berharap dengan melakukan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan,  program Banyuwangi Cerdas bisa segera terwujud dalam waktu yang singkat. “Saya berterima kasih atas dukungan tim penggerak PKK, dan komponen masyarakat lainnya atas terselenggaranya kerja sama ini,” tutur Wabup Yusuf.

Dalam kesempatan tersebut sekaligus juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wabup yang diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan sebagai tanda syukur menempati kantor baru. (Humas&Protokol)