Di HUT ke 48 Korpri, Bupati Anas Ajak PNS Persolid Diri dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan pada Masyarakat

BANYUWANGI – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) diperingati  dengan menggelar upacara bendera di Halaman Pemkab Banyuwangi, Jumat (29/11/2019). Sejumlah PNS terlihat khidmat mengikuti kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak para aparatur sipil negara (ASN) untuk terus mempersolid diri. “Kita harus fokus. Ke depan, prioritas kita adalah pendidikan dan kesehatan. Sektor pelayanan publik juga harus kita utamakan. Sektor pariwisata, ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD) juga terus kita dorong. Di atas itu semua, kita butuh anggota Korpri yang solid. Jaga terus soliditas agar kita tidak mudah diadu domba dan terus tingkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat,” ujar Anas.

Anas juga menyebut, meski di tengah keterbatasan, ASN Banyuwangi mau bekerja keras tanpa mengeluh. “Terimakasih sudah bekerja keras tanpa mengeluh. Jangan berhenti membuat berbagai inovasi dan terobosan yang memudahkan rakyat. Tugas kita ini berat. Misalnya terkait bidang kesehatan dan pendidikan. Saya ingin Dinas Kesehatan dan Pendidikan turun ke bawah dan mengkoordinasikannya dengan sekolah-sekolah, para kepala desa, dinas-dinas lain dan berbagai pihak terkait. Sesungguhnya kolaborasi itu sangat penting," kata Anas. 

Anas menambahkan, apa yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi menekankan saat ini dunia berubah dengan sangat cepat. Reformasi industri jilid 4 telah mengubah seluruh lini kehidupan, bukan hanya cara berpikir tapi juga cara mengelola negara. "Saat ini persaingan antar negara juga sangat ketat. Tapi kita tidak boleh takut. Cara-cara lama yang monoton dan tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus ambil jalan perubahan," tambahnya. 

Jalan perubahan itu, terang Anas, antara lain dengan melakukan reformasi. Birokrasi harus berubah. Cepat beradaptasi dengan perubahan. Pelayanan yang berbelit-belit harus dipangkas. "Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik dan program-program pembangunan betul-betul  ter-delivered. Pelayanan yang baik harus diiringi dengan kecepatan dan kemudahan. Masalah harus diselesaikan dengan smart shortcut yang lebih efisien dan berdampak luas," beber Anas seraya mengajak  para abdi negara lebih optimis menghadapi masa depan.

Korpri didirikan sejak tanggal 29 November 1971. Sebagai organisasi yang mewadahi PNS, Korpri terus menunjukkan peran dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat, bangsa dan negara. 

Upacara peringatan HUT ke 48 Korpri ini diikuti para PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi. Untuk menunjukkan rasa syukur atas pertambahan usia organisasi Korpri, Pemkab Banyuwangi juga memberikan santunan bagi sejumlah anak yatim. (*)