Di Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur, Banyuwangi Raih Banyak Penghargaan


BANYUWANGI – Hari Jadi ke-75 Provinsi (Harjaprov) Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober diperingati Pemkab Banyuwangi dengan upacara khidmat. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang bertidak sebagai inspektur upacara mengajak terus menggelorakan semangat gotong royong dan toleransi yang menjadi ciri khas warga Jawa Timur. 

Upacara yang sederhana ini digelar di halaman Kantor Bupati Banyuwangi dan dihadiri jajaran Forkopimda dan diikuti pula seluruh kepala OPD secara virtual. 

Bupati Anas menyebut, peringatan ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME sekaligus  penghormatan terhadap lahirnya Pemerintahan Provinsi Jatim. Harjaprov sendiri ditandai dengan dimulainya penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Jatim pada 12 Oktober 1945. Gubernur pertama saat itu adalah Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.

“ini menjadi momen bagi kita untuk meneladani semangat para pejuang. Semangat pejuang yang telah memelopori pemerintahan provinsi ini," kata Anas. 

"Dan yang paling penting, ini juga menjadi momen bagi daerah untuk terus mendukung dan bersinergi dengan Pemprov Jatim dalam mewujudkan program-program pembangunan dan kemasyarakatan. Selamat Hari Jadi Provinsi Jatim," ucap Anas. 

Dalam upacara tersebut, Anas juga berpesan kepada seluruh warga untuk meneruskan semangat positif dari warga Jatim.

"Teruslah menjadi masyarakat Jatim yang kental dengan semangat gotong royong, kepeloporan dan kejuangan, toleran, santun dan agamis. Jadikanlah ini sebagai modal dasar pembangunan yang sangat fundamental sebagaimana tercatat dalam perjalanan sejarah Provinsi Jatim,” kata Anas.

Dalam kesempatan itu, diumumkan pula sejumlah penghargaan yang didapat Banyuwangi pada tahun ini. Banyuwangi mendapat penghargaan sebagai daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2019 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018.

"Tahun ini, Kemendagri menetapkan Banyuwangi sebagai kabupaten peringkat pertama dari 514 kabupaten/kota terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Penghargaan ini menurut saya adalah salah satu prestasi tertinggi pemerintahan daerah. Ini semua berkat kerja keras dari pemerintah, DPRD, dan seluruh elemen masyarakat. Mari terus kita tingkatkan dan pertahankan prestasi ini," kata Anas. 

Selain itu, diserahkan pula penghargaan dari Gubernur Jatim kepada Kecamatan Genteng yang berhasil menjadi juara 2 tingkat provinsi atas kategori sinergitas kinerja kecamatan.

"Kecamatan Genteng juga meraih penghargaan dari Bupati Banyuwangi sebagai tiga besar kinerja kecamatan di Kabupaten Banyuwangi tahun 2020, bersama Kecamatan Wongsorejo dan Licin," kata Anas. 

Selain itu, Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi menerima penghargaan sebagai Desa/Kelurahan Terbaik Kategori Madya Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jatim 2020. 

Penghargaan tersebut diterima Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono dalam Upacara Peringatan HUT ke-75 Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. (*)