Danlanal : Seluruh Elemen Masyarakat Bersatu Bersama TNI Menjaga Keutuhan NKRI

BANYUWANGI – Dalam rangka memperingati hari TNI ke 66, puluhan prajurit TNI angkatan darat dan angkatan laut melaksanakan upacara di taman Blambangan Banyuwangi, Rabu (5/10). Bertindak sebagai inspektur upacara, Danlanal Banyuwangi Letkol laut (P) EV. Nurokhman dan komandan upacara Danpomal Kapten Eko. Tema peringatan hari TNI kali ini “ Dengan Keterpaduan dan Profesionalisme, TNI Bersama Komponen Bangsa Siap Menjaga dan Menegakkan Kedaulatan Serta Keutuhan NKRI “. Selain itu hadir juga para anggota Forum Pimpinan Daerah dan para istri juga para pejabat komponen Pemkab lainnya.

Dalam pidatonya, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Nurokhman berharap agar seluruh elemen masyarakat bersatu padu untuk menjaga stabilitas NKRI. “ Tugas menjaga keamanan dan stabilitas bukan hanya pihak kemanan tapi kita semua sebagai warga negara Indonesia, “ harapnya. “ Di usia yang ke 66 ini, para prajurit TNI akan terus berjuang menjaga Keutuhan NKRI," imbuhnya. Dalam upacara tersebut juga ditampilkan atraksi koloni senjata yang terdiri dari TNI, Polisi dan sipil. Atraksi tersebut menunjukkan bahwa keamanan merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat . Selain itu juga ditampilkan atraksi barong sai oleh anggota Mapolres Banyuwangi.

Setelah itu acara  dilanjutkan dengan tasyakuran di Gesibu Blambangan, dalam tasyakuran tersebut Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko menyampaikan ucapan selamat dan sambutan kepada para prajurit TNI. Dalam sambutannya Wabup Yusuf Widiatmoko mengatakan TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.“ Dalam segala bentuk pertahanan dan keamanan hingga di wilayah perbatasan NKRI, TNI menjadi garda terdepan untuk menjaga keutuhan negara kita ,“ katanya. Sebelumnya juga dilaksanakan upacara ziarah nasional dan tabur bunga di taman makam Wisma Raga Satria. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf. Hendi Setyawan. (Humas & Protokol)