Dalam Rangka Harjaba, Pemkab Selenggarakan MTQ

BANYUWANGI -  Serangkaian kegiatan yang diadakan untuk memperingati Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) yang ke-240 terus berlangsung selama bulan Desember ini. Musabaqoh Tilawatil Qur’an  (MTQ) adalah salah satunya. Pembukaan sekaligus pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten Banyuwangi tahun 2011 dilangsungkan di aula Kemenag  Banyuwangi, Rabu ( 14/12).

Kepala Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat), Drs Nur Cholili yang membuka acara tersebut mengingatkan kepada seluruh peserta akan pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. “Al-Qur’an adalah surat cinta Allah bagi umatNya. Membaca dan mendengarkan Al-Qur’an adalah kegiatan berpahala. Sedangkan mengamalkannya adalah kewajiban. Semoga melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan pemahaman kita terhadap isi Al-Qur’an, dan semoga kegiatan ini akan semakin merekatkan ukhuwah Islamiyah diantara kita,” ujarnya.

Ditambahkan oleh  Drs Mukhlis, MAg selaku ketua panitia, tujuan diadakannya kegiatan MTQ ini, selain untuk mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an bagi warga Banyuwangi dan menciptakan masyarakat yang kondusif dalam pembangunan Banyuwangi ke depan, juga bertujuan untuk mengajarkan jiwa berkompetisi yang sehat serta mencari dan menyiapkan qori’ dan qori’ah terbaik Banyuwangi untuk ikut berlomba di kancah nasional dan internasional.

Cabang yang dilombakan dalam MTQ ini ada dua, yaitu  cabang Tartil Qur’an dan cabang Tilawah yang diikuti oleh kelompok anak-anak (putra/putri), kelompok remaja (putra/putri) dan kelompok dewasa (putra/putri). Pesertanya berasal dari qori’ dan qori’ah se kecamatan Banyuwangi sebanyak 192 orang. Adapun untuk pelaksanaan lombanya, MTQ dewasa bertempat di Masjid Baiturrahman, MTQ remaja di Masjid Ahmad Dahlan, MTQ anak-anak di Masjid Arroyyan Kemenag, dan Tartil anak-anak di Masjid Baitul Mustaqim. (Humas & Protokol)