Cyber Village, Langkah Awal Menuju Dunia Global

Banyuwangi-Perkembangan internet diimbangi dengan semakin majunya teknologi, membuat sebagian orang sadar akan perkembangan zaman dewasa ini. Kita lihat dari semakin banyaknya pengguna internet saat ini baik mahasiswa , pekerja kantoran , hingga pelajar tak luput dari pemberitaan. Boomingnya facebook dan berbagai “Social Network” lainnya membuat orang melek akan internet.

Berawal dari perkotaan hingga kini tengah merambah pada kawasan pedesaan. Atau yang lebih mudah kita sebut dengan Cyber Village. Saat ini sudah banyak desa – desa yang mengimplementasikan penggunaan internet bagi warganya. Bahwa saat ini saja sudah ada rumah makan (warteg) yang menyediakan fasilitas internet secara GRATIS (Hotspot Area). Sungguh luar biasa , ide yang dimilikinya. Cyber Village merupakan langkah awal untuk menuju globalisasi dimana tidak ada batasan untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi.
Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di Bidang Teknologi Informasi dan menuju perkembangan dunia global yang menuntut masyarakat untuk mengetahui dunia IT, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan gebrakan, membuat Pilot Project ( Percontohan ) Desa berbasis IT, dan disebut sebagai CYBER VILLAGE. Adapun desa yang beruntung menerima program tersebut adalah Desa Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.
Dipilihnya Desa Kaligondo sebagai penerima bantuan tersebut didasarkan pada kemampuan perangkat desanya untuk mengelola dan mengembangkan Teknologi Informasi. Terbukti dari hasil bantuan jaringan internet tahun 2007 setiap satu kecamatan dan satu desa, hanya Desa Kaligondo yang masih eksis sampai sekarang.
Program tersebut terealisasi hasil kerjasama  PT TELKOM dengan pihak Pemkab Banyuwangi. Bantuan tersebut berupa 10 unit PC ( Komputer ) 1 LCD Touchscreen dan jaringan internet SPEEDY. Bantuan tiba hari Sabtu tanggal 14 Mei 2011 lalu dari Surabaya ke Desa Kaligondo Kecamatan Genteng. Rencananya peresmian / launching akan dilaksanakan akhir bulan Mei 2011. ( HUMAS )