Cerdas Cermat Bela Negara Awali Rangkaian Lomba “Cintaku Negeriku”

BANYUWANGI – Mengawali gebyar peringatan Hari Kemerdekaan RI ke – 66, Pemkab bekerja sama dengan Kodim 0825 dan Dewan Harian Cabang (DHC) ’45 menggelar lomba cerdas cermat Bela Negara tingkat SMP/MTs dan SMA/MA di Aula Pertemuan Jendral Sudirman, Kodim 0825, Senin (25/7).  Lomba cerdas cermat tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, sebagai Ketua Umum Peringatan HUT RI, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Heru Santoso. Lomba tersebut sekaligus menandai dimulainya rangkaian gelar Lomba Cintaku Negeriku dalam rangka memperingati HUT RI.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Santoso menyampaikan bahwa lomba ini sebagai sarana ajang para siswa untuk menunjukkan prestasinya. Prestasi ini, lanjut dia, diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap peserta. “Saya yakin, siswa yang hadir di sini merupakan cikal bakal seorang pemimpin. Saya berharap, anda semua nantinya akan menjadi pemimpin,” tegas Heru.

Sebelum lomba cerdas cermat dimulai, peserta disuguhi pembacaan puisi kebangsaan. Puisi heroik tersebut dibawakan oleh Pramoe Sukarno dan seorang pelajar SMAN 1 Giri, Ni Wayan Nista dari Sanggar Merah Putih 45.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Lomba Cintaku Negeriku menjelaskan bahwa gelar lomba ini akan berlangsung dari 25 hingga 29 Juli 2011, yang dilanjutkan pada 8 – 12 Agustus 2011. Tak kurang dari 500 pelajar se Kabupaten Banyuwangi akan berkompetisi dalam lomba yang bertujuan meneguhkan rasa nasionalisme  setiap siswa. Berbagai macam kegiatan yang dilombakan adalah lomba out bond dan kepramukaan, baca puisi perjuangan dan budi pekerti,  dan drama keluhuran budaya bangsa. Panitia juga menggelar lomba baca puisi Islami, baca ayat suci Al Quran, serta melantunkan adzan dan iqomah, mengingat peringatan HUT RI kali ini yang bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan. (HUMAS)