Caravan Berkonsep Rumah Mobil Jadi Kendaraan Alternatif Bagi Wisatawan di Banyuwangi

BANYUWANGI – Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, kini disediakan alternatif kendaraan untuk menikmati keindahan Banyuwangi. Banyuwangi kini menyediakan kendaraan jenis caravan dengan konsep rumah mobil. 

Rumah mobil ini diperkenalkan pertama kali oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda di kantornya, Selasa (15/5). Mobil ini dirakit oleh perusahaan swasta sebagai kendaraan sewa. 

Berbagai fasilitas disediakan oleh rumah mobil ini. Mulai dari lemari es, microwave, alat pemanggang, hingga wastafel. 

"Mobil ini sengaja dirancang khusus untuk penumpangnya selama bepergian agar lebih nyaman. Kursinya saja bisa diubah jadi tempat tidur yang nyaman. Ruangannya dirancang lapang agar penumpang lebih leluasa. Mobil ini juga sunroof," jelas Bramuda. 

Di tahap awal, mobil ini akan melayani empat rute obyek wisata. Yakni Pantai Mustika, Pantai Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran. "Meski rutenya jauh, tapi kami yakin akan nyaman selama traveling. Karena kendaraannya dirancang khusus," jelas Bramuda. 

Pengembang rumah mobil ini, Lukman Yani, mengatakan bahwa rumah mobil ini segera akan dirilis Banyuwangi dalam waktu dekat. "Saat libur lebaran, rumah mobil ini sudah tersedia. Wisatawan sudah bisa menyewanya," kata Lukman. 

Pihaknya, lanjut dia, menyiapkan 10 rumah mobil ini. Lima mobil dengan kendaraan jenis mobil niaga dan lima mobil type minibus.

"Rumah mobil jenis Gran Max berkapasitas tiga penumpang, jadi ini cocok bagi keluarga kecil yang ingin berwisata. Sedangkan jenis Elf mampu menampung 4 orang dewasa,” pungkas Lukman. (*)