Bupati Tuntut Kafilah Banyuwangi Junjung Tinggi Sportifitas

Banyuwangi-“Junjunglah tinggi sikap sportifitas, jujur dan adil dalam mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran ini.Tunjukkan bahwa kafilah Banyuwangi terdiri dari orang-orang yang berakhlakul karimah dan bisa menjadi contoh bagi kafilah yang lain,” tegas Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas ketika melepas kafilah Banyuwangi untuk berangkat mengikuti Lomba MTQ ke XXIV Tahun 2011  Tingkat Propinsi Jawa Timur di kota Madiun.

Dalam MTQ kali ini Banyuwangi mengirimkan 37 orang peserta  yang mewakili bidang masing-masing. Dari anak-anak hingga dewasa, bahkan dua orang diantaranya tuna netra, bersemangat mengikuti seremonial yang diadakan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat  sore ( 17/6 ). Selain mengirimkan peserta di bidang tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Banyuwangi juga mengikuti lomba Qira’at, MHQ (Hafalan Quran), Tafsir dalam 3 bahasa ( Arab, Inggris, Indonesia ), Fahmil Quran, Syarhil Quran, dan MKQ  atau kaligrafi yang terbagi atas MKQ golongan naskah, dekorasi dan hiasan.

Selain MTQ, acara juga akan dirangkai dengan Lomba Mobil Hias MTQ. Banyuwangi mengikutsertakan 3 unit mobil hias, yang bertemakan kontemporer – Rumah Adat Banyuwangi. Setelah itu akan ditampilkan Pawai Ta’aruf yang melibatkan 60 orang penari dari  Sanggar Sayu Wiwit dengan tarian bertemakan “SEKAR PUJIAN”.

Serentetan pesan mengiringi keberangkatan kafilah Banyuwangi menuju medan laga. Bupati meminta agar seluruh anggota kafilah Banyuwangi selalu menjaga harkat dan martabat masyarakat Banyuwangi serta menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan kafilah lainnya. “Tanamkan bahwa Banyuwangi pernah berjaya dan pernah unggul di MTQ sebelumnya, dan itu harus terus dikembangkan dan ditingkatkan, “ujar Bupati kepada segenap anggota kafilah berseragam batik warna merah ini . “Yang terakhir, jangan semata – mata memperebutkan juara dalam lomba ini, tapi ambillah manfaat yang terkandung didalamnya, tambah Bupati.(HUMAS)