Bupati Sholat Tarawih Bersama dan Bagikan Sembako

Kalipuro – Selain melaksanakan safari Ramadhan di kecamatan – kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi, Bupati Abdullah Azwar Anas juga menyempatkan untuk sholat tarawih bersama di Kampung Baru, kelurahan Bulusan, Kalipuro, Selasa (23/8). Bupati Azwar Anas disambut puluhan warga dan muspika Kalipuro yang juga mengikuti sholat tarawih berjama’ah di mushola Mamba’ul Huda, Kampung Baru. Usai sholat Bupati menyampaikan beberapa program dan kebijakan yang akan ataupun telah dilaksanakan.

Salah satunya yaitu pemberian insentif kepada guru ngaji. Bupati mengatakan insentif yang dulunya Rp. 150.000,- sekarang dinaikkan menjadi Rp. 500.000,- per orang dengan total Rp. 8,5 miliar, namun diharapkan dengan naiknya insentif ini jumlah guru ngaji tidak ikut naik. “ Sebelum insentif mengalami kenaikan jumlah guru ngaji 6000 orang setelah insentif dinaikkan jumlah guru ngaji naik menjadi 16000 orang, jika ini naik terus APBD bisa habis untuk guru ngaji,” ujar Bupati Anas sambil tersenyum.

Selain itu bupati juga menyampaikan beberapa program pengentasan kemiskinan dan memerintahkan RT, RW, Lurah, dan Camat Kalipuro untuk mengecek kembali data warga miskin yang ada di wilayahnya. “ Banyak masyarakat yang mampu namun minta surat keringanan pembiayaan di rumah sakit, akibatnya yang mampu dapat, yang miskin tidak kebagian bantuan keringanan ke rumah sakit,” kata Bupati. “ Mohon pak Camat, Lurah, RT,RW mendatangi rumah yang benar – benar miskin sesuai kriteria yang sudah ditentukan, “ tegas Bupati.

Setelah itu Bupati menyerahkan bantuan sembako kepada warga miskin di Kampung Baru, kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro. Salah satu warga Kampung Baru, Satinah (50thn) mengatakan, ia tidak menyangka bupati akan datang ke Kampung Baru untuk tarawih bersama dan menyerahkan bantuan semabako. “ Kalau bisa sering – sering pak Bupati berkunjung di pelosok desa seperti ini, jadi warga lebih dekat dengan bapak,” ujarnya. (humas)