Bupati Sidak, Temukan Puluhan Staf Absen

Banyuwangi – Guna melihat dari dekat kinerja bawahannya, Bupati Abdullah Azwar Anas , Senin (20/6) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Satker. Sidak pertama di Kantor Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, di kantor pusat guru se Kabupaten ini Bupati Anas dibuat tidak nyaman lantaran kantornya yang terlihat kotor. Bukan itu saja, Bupati Anas juga dibuat geram lantaran banyaknya staf yang tidak masuk kantor dengan berbagai macam alasan. "Kemana saja 30 orang ini kok tidak ada semua?, Saya itu hampir sembilan bulan menjabat, saya sudah memberi ruang untuk menyesuaikan dengan kinerja saya," ungkapnya dengan kesal.

Belum reda marahnya di Dispendikpora, Bupati kembali dibuat kesal saat Sidak di Dinas Perikanan dan Kelautan. Dikantor Jalan Agus Salim itu, Bupati mendapati staf Dinas Periklut sedang pada menikmati rokok di pagi hari. Ini benar-benar membuat Bupati langsung mengumpulkan staf Dinas Periklut untuk diberi arahan. Selanjutnya, Bupati melanjutkan sidak ke kantor uji kendaraan yang terletak disamping Dinas Pendidikan. Di kantor pelayanan uji kendaraan Bupati berpesan untuk menjaga kebersihan kantor dan layanan yang bagus ke masyarakat. "Layani masyarakat dengan senyum biar masyarakat puas. Hijaukan kantor dengan perbanyak tanaman.Selain itu menjaga kebersihan dan keindahan kantor juga salah satu bentuk komitmen Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan Gerakan Green & Clean," pesanya.

Sebagai sidak terakhir Bupati Anas mengunjungi kantor Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan dan Peternakan. Disini Bupati tampak sumringah melihat kantor yang asri dan bersih serta hampir semua staf ada ditempat dan mengerjakan tugas dengan baik. Puas di Dinas Pertanian Bupati langsung kembali ke kantor. Sebenarnya dalam sidak kali ini yang ditekankan tentang peningkatan kinerja birokrasi . Kalau bisa disetiap SKPD ada resipsionis (penerima tamu )., pegawai tidak boleh menunda-nunda pekerjaan. Selain itu Jumat bersih harus dijalankan disetiap SKPD mulai pekan ini.  Untuk ke depan Bupati  bisa sewaktu-waktu akan mengirim investigator untuk melihat kinerja SKPD tanpa pemberitahuan sebelumnya.(Humas)