Bupati Koordinasi Dengan Askab Lewat Skype

BANYUWANGI – Bupati Abdullah Azwar Anas kembali melakukan koordinasi jarak jauh melalui skype dari Harvard, Amerika Serikat. Kali ini, Bupati Anas ber-teleconference dengan Asisten Pemerintahan Suhartoyo, Kabag Pemerintahan Anacleto Da Silva dan pengurus Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab) yang diketuai Agus Tarmidi, pada Sabtu (1/10) . Dalam rapat itu Bupati Anas membahas perencanaan program dan aksi pengentasan kemiskinan.

Menurut Bupati, pengurus Askab dihadirkan karena pada tahun 2012 mendatang fokus pengentasan kemiskinan akan dilakukan melalui pemberdayaan desa. “ Pengentasan kemiskinan harus dimulai dari desa dengan memberdayakan masyarakat desa,” ujar Bupati anas. Karena warga sangat miskin dan warga miskin paling banyak terdapat di desa-desa.

Diuraikan oleh Bupati, salah satu cara untuk memutus mata rantai kemiskinan adalah dengan pemberian insentif kepada Rumah Tangga Miskin (RTM), namun bukan dalam bentuk uang tunai. “ Bisa dengan pemberian tambahan gizi bagi balita RTM agar tumbuh balita yang cerdas dan kelak bisa mengangkat harkat martabat orang tua,” ungkap Bupati.

Selain itu kepada pengurus Askab, Bupati meminta secara khusus agar Askab lebih kerja keras lagi untuk mensinergikan kepala desa. “ Karena tahun 2012 mendatang desa harus dipersiapkan sebagai basis pertumbuhan ekonomi,” tuturnya. Bupati juga meminta Askab menjadi jembatan bagi para kades dengan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk program enterpreneurship pemuda desa dalam mengatasi program pengangguran. “ Saya harap Sekda dan kepala desa benar-benar memberi perhatian yang serius pada program ini,” pinta Bupati. (Humas & Protokol)