BEASISWA BAGI LULUSAN PONDOK PESANTREN

Wongsorejo-  Lulusan pondok pesantren bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dengan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.  Beasiswaini diberikan  dengan syarat siswa harus berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu.   " Pemkab sudah membuat MOU kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan STAIN Jember serta beberapa Universitas negeri lainnya dalam rangka pemberian beasiswa ini," ungkap Bupati Anas dalam acara pembukaan Musabaqoh Pondok Pesantren Se-Kabupaten Banyuwangi ke-12, di Pondok Pesantren Miftahul Ulum,  Wongsorejo, Banyuwangi, Senin (6/6).

"Perkembangan teknologi yang begitu pesat secara dramatis mengubah pengertian konseptual kita tentang jarak, waktu, budaya, gaya hidup dan perilaku," ujar Bupati Anas. "Disinilah perlu peranan agama yang menjadi landasan dan penyaring segala segi kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.   Diuraikan lebih lanjut, eksistensi ponpes terbukti mampu mencetak generasi unggulan yang berakhlakul karimah, siddiq, amanah, tabligh, fatonah dan selalu tawadhu dan tafakkur." Melalui lembaga ini mari kita wujudkan generasi yang ber-IPTEK tinggi namun tetap istiqomah dalam sikap dan tindakan . Sehingga nantinya mereka akan selalu menempatkan diri sebagai khairu ummah yang menjadi teladan positif bagi masyarakat sekitarnya, " pesan Bupati Anas.

Dalam acara yang berfungsi   sebagai media peningkatan kualitas keagamaan sekaligus  sebagai wadah penguatan ukhuwah Islamiyah ini, Bupati juga menyampaikan apresiasinya. "Lulusan pesantren banyak yang berprestasi. Belajarlah sungguh-sungguh karena negara butuh ahli agama. Kita punya pekerjaan rumah yaitu memerangi kemiskinan dan mengurangi penduduk miskin," pesan Bupati yang sebentar lagi akan berangkat ke Harvard ini. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati banyuwangi Abdullah Awar Anas, Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko, didampingi para kyai, ulama, pengurus cabang NU dan anggota DPRD dari fraksi PKB. (HUMAS)