OPD, Bupati Lantik 805 Pejabat

BANYUWANGI – Dalam rangka penyesuaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas  langsung melantik 805 pejabat, yang terdiri dari pejabat eselon II, III dan IV yang ada di seluruh Satker, baik Satker baru maupun Satker lama. Sehingga dalam pelantikan ini ada pejabat yang promosi, mutasi dan tetap dijabatan lamanya.

Pelantikan pejabat yang besar ini dilaksanakan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Senin (5/9) dalam dua tahap. Pertama, sebanyak 389 pejabat dari pejabat dilingkungan sekretariat dan satker, dilaksanakan pagi pukul 08.00 Wib. Tahap kedua, sebanyak 408 yang terdiri dari pejabat eselon III, Camat dan UPTD dilaksanakan pukul 13.00 Wib. 

 

Pada mutasi kali ini beberapa pejabat mengalami promosi kenaikan jabatan, seperti Arief Setiawan yang sebelumnya menjabat Kabag Humas, pada susunan OPD yang baru didapuk sebagai PLT Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Selain itu, Mujiono, yang sebelumnya menjabat Kabid Binamarga dan Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum (PU) beranjak naik menjadi Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang. Sementara Kepala Dinas PU sebelumnya, Guntur Priambodo, menjabat Kepala Dinas PU Pengairan.

Dalam pengarahannya kepada para pejabat yang baru dilantik, Bupati Anas berpesan agar para pejabat melakukan kerja maksimal sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Menurut Bupati Anas, tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) telah melakukan proses yang panjang dan matang dalam menentukan orang-orang yang menempati jabatan. Untuk itu para pejabat harus bisa menunjukkan kinerja yang baik serta prestasi ditempatnya masing-masing. “ Saya akan melakukan evaluasi setiap enam bulan sekali untuk melihat kinerja eselon dua apakah masih bisa dipertahankan atau harus digantikan dengan orang lain yang lebih sesuai,“ ungkap Bupati Anas. Bupati juga meminta agar para para kepala di lingkungan Pemkab juga mengevaluasi kinerja anggotanya setiap enam bulan. “ Hal ini tidak lain dilakukan agar tujuan pembentukan OPD baru ini untuk peningkatan dan perbaikan kinerja aparatur pemerintah Kabupaten Banyuwangi bisa terwujud sebagaimana harapan kita semua,” kata Bupati.

Bupati Anas juga menambahkan bahwa akan dilakukan pemasangan ‘box’ khusus disetiap desa atau kelurahan dan kecamatan. ‘Box’ khusus tersebut bertujuan untuk menyaring orang-orang terbaik dibidangnya. Hal ini dilakukan agar sewaktu-waktu dibutuhkan, tenaga ahli sudah siap untuk ditempatkan.

Terakhir, Bupati juga menegaskan kalau tidak ada praktik jual beli dalam mutasi pejabat tersebut. Semua telah melewati proses sebagaimana prosedur yang berlaku. “ Tidak ada permainan uang sama sekali. Kalau ada permainan uang, orang-orang yang terlibat saya berhentikan sekarang juga,” tegasnya. (Humas)

Pelantikan Pejabat Pemkab

Nama                                       Jabatan Baru

Suhartoyo                                Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda

Sulihtiyono                               Kadis Pendidikan

Akhmad Khoirullah                   Kadis Pemuda & Olah Raga

Djati Loekito                            PLT Kadis Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan

Drh. Benny Handarwanto        PLT Kadis Peternakan

Ikrori Hudanto                         Kadis Koperasi & UMKM

Hary Cahyo Purnomo              Kadis Perindustrian, Perdagangan & Pertambangan

Agus Siswanto                        Kadis Perhubungan Kominfo

Iskandar Azis                          Kadinsos Nakertrans

Suprayogi                               Kadis Budpar

Pudjo Hartanto                       Kadis kelautan dan Perikanan

Hariadji Sugito                        Kadis kesehatan

Sudjani                                    Kadis Kepaedudukan & Catatan Sipil

Suyanto Waspo Tondo           PLT Kadis Pendapatan

Karti Utami                             Kepala Bappeda

Ngakan Putu Suardana           Kepala BKD

Abdullah                                 Kepala Bakesbangpol

Peni Handayani                       Kepala BPM & Pemdes

Muhammad Pua Jiwa              Sekertaris BPP & KB

Abdul Kadir                            Sekretaris Badan Penanaman Perizinan & Penanaman

Modal

Abdul Rahman                        Sekretaris Badan LH