Bupati : Motivasi Kunci Prestasi

Banyuwangi-"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena melalui kegiatan bersama  ini kita bisa memotivasi anak-anak supaya terus berprestasi baik akademik maupun non akademik," kata Bupati di Gesibu Blambangan, Sabtu (18/6) ketika membuka acara Perpisahan Akbar Siswa SD/MI Sekecamatan Banyuwangi yang dirangkai dengan Gebyar Penghargaan Siswa Berprestasi. Disela pidatonya, Bupati juga mengingatkan supaya segenap guru dan murid juga ikut ambil bagian dalam menjaga kebersihan di Banyuwangi.

"Diselenggarakannya acara ini dilatarbelakangi banyaknya jumlah siswa yang lulus. Karena itu sebagai ungkapan bahagia dan rasa syukur, secara kolektif diwujudkan melalui acara ini," ujar Ketua Panitia, Sudi Raharjo, SPd.Acara tersebut memang dijadikan ajang unjuk gigi siswa-siswa berprestasi, sekaligus ajang penyerahan hadiah bagi mereka. Siswa yang mendapatkan reward untuk prestasi akademik berupa nilai  terbaik dalam Ujian Sekolah dan Unas sebanyak 20 siswa, Siswa berprestasi putra/putri sebanyak 3 siswa, Olimpiade Sains Tingkat Nasional sebanyak 3 siswa, Lomba Mata Pelajaran sebanyak 2 siswa dan lomba aritmatika Tingkat Nasional sebanyak 1 siswa. Jumlah seluruhnya 28 orang. Sedangkan penghargaan di bidang prestasi non akademik berupa Lomba Tari Jejer Gandrung : 2 lembaga, Lomba Tari PPST Tingkat Propinsi : 1 lembaga, Tari Kreasi : 1 lembaga, PMR : 1 team, Pidato : 1 lembaga, Paduan suara : 1 lembaga, Renang : 1 lembaga, Gerak Jalan : 1 lembaga dan Karate : 2 lembaga. Penghargaan yang diberikan  berupa piala bagi yang berprestasi akademik dan berupa peralatan elektronik bagi yang berprestasi non akademik.

Acara ini diikuti oleh 33 SD Negeri dan Swasta sekecamatan Banyuwangi, dengan jumlah siswa sebanyak 1986 orang. Sebelum acara dibuka, semua peserta dikumpulkan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan untuk melakukan kirab bersama Bupati menuju Gesibu Blambangan. Bupati mengelilingi Banyuwangi bersama ibu Dani Azwar Anas dan putra sambil menaiki dokar wisata. Di Gesibu Bupati disuguhi dengan penampilan para siswa berprestasi berupa paduan suara dan tari-tarian baik tradisional maupun modern.(HUMAS)