Bupati Harapkan Pemuda Memiliki Jiwa Entrepreneur

BANYUWANGI – Ratusan pelajar, mahasiswa, Pegawai Negeri Sipil Pemkab Banyuwangi mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda ke 83 tahun 2011, di taman Blambangan Banyuwangi, Jumat (28/10). Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Abdullah Azwar Anas dengan pemimpin upacara Anacleto Dasilva.

Dalam sambutannya, Bupati Abdullah Azwar Anas yang membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Malarangeng berharap agar para pemuda terus berkarya dan mengukir prestasi. Selain itu guna menghadapi arus globalisasi dan daya saing, para pemuda hendaknya memiliki jiwa entrepreneur sehingga bisa hidup mandiri. Hal ini sesuai dengan tema peringatan Sumpah Pemuda kali ini “Bangun Pemuda Indonesia Yang Berjiwa Wirausaha, Berdaya Saing dan Peduli Sesama “

Para pemuda hendaknya juga mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat namun tetap tidak meninggalkan norma – norma ketimuran dan adat budaya di lingkungannya.

Diakhir sambutannya, Bupati Azwar Anas menegaskan akan membentuk generasi muda yang mandiri dan siap bersaing dalam era globalisasi. Pihaknya akan mengumpulkan 15 ribu orang pemuda pengangguran dan putus sekolah se Kabupaten Banyuwangi untuk dilatih keterampilan agar siap kerja. “Mereka akan kita latih di balai latihan kerja dengan harapan mereka bisa mandiri di kemudian hari. Jangka panjangnya, mereka bisa menciptakan lapangan kerja di lingkungannya masing – masing, “ harapnya.

Acara tersebut juga dihadiri Muspida Banyuwangi dan pejabat komponen Pemkab. Dalam upacara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada 8 pelajar Banyuwangi yang berprestasi ditingkat regional dan nasional 2011, diantaranya:

- Tri Sakti Bintang Pamungkas  SDN 1 Ketapang Juara Catur Tingkat Asean

- Ricky Aditia Fandi SMAN 1 Glagah Juara 1 OSN FISIKA Tingkat Nasional

- Khautsar Ulhaq SMAN 1 Glagah Juara 2 OSN Kimia Tingkat Nasional

- Lailatul Hasanah SMAN 1 Genteng Juara Harapan 1 Catur Tingkat Nasional

- Nuraini SMPN 1 Genteng 10 Besar Penulis Puisi Tingkat Nasional

- Agus Mujahid Anshori SMKN 1 Glagah Juara 1 LKS Bid. Autocad Building se Jawa – Bali

- Syukron Arrosyid SMKN 1 GLAGAH Juara 1 Bid. Electrical Instalation Tingkat Jatim

- Nurliyah Wardatun Nafisah SMAN 1 Genteng  Juara Lomba Bid. Menembak Tingkat Jatim

(Humas Protokol)