Bupati : Lomba Dzikir dan Hadrah Menjadi Sarana Hiburan dan Syiar Islam

BANYUWANGI – Lomba dzikir dan hadrah dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan 1432 H, yang berlangsung sejak tanggal 10 – 14 agustus 2011 bertempat di gesibu blambangan. Acara ini selain sebagai bentuk kompetisi antara seniman hadrah se – kabupaten Banyuwangi juga sebagai wadah silaturahmi. Final lomba dzikir dan hadrah di hadiri oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, Wabup Yusuf Widiatmoko, Sekretaris daerah Sukandi dan pejabat komponen Pemkab lainnya, selain tokoh agama islam juga hadir dalam acara tersebut.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengaharapkan di tahun mendatang acara tersebut akan terus ditingkatkan dengan format yang lebih baik, “ ini bagus sekali, selain menjadi hiburan masyarakat juga sebagai syiar islam dan ada unsur budayanya “ kata Bupati Azwar Anas. “ di tahun depan insyaallah kita tambah hadiahnya, dan waktunya di perpanjang supaya masyarakat ada hiburan “ imbuhnya.

Salah satu pemenang hadrah dari Kelurahan Karangrejo, bersyukur bisa menang pada lomba kali ini karena telah menyisihkan puluhan peserta lomba hadrah se – Kabupaten Banyuwangi “ senang sekali bisa menang karena lawannya bagus semua, hadiahnya nanti untuk lebaran” ujarnya.

Adapun para pemenang lomba tiap kelompoknya mendapat tropi, piagam dan dana pembinaan. Untuk pemenang di kategorikan dalam 4 kategori, diantaranya sebagai berikut :


Juara Dzikir Maulid Putra

3. Kelurahan Pakis

2. Kelurahan Karangrejo

1. Kelurahan Penganjuran

Juara Dzikir Maulid Putri

3. kelurahan Singonegaran

2. kelurahan Tukang kayu

1. kelurahan Panderejo

Juara Hadrah Alabanjari

6. jam’iyah al – islam Desa Gumuk Agung

5. jam’iyah al - anwari Kelurahan kertosari

4. jam’iyah Darussalam Desa Blok Agung

3. jam’iyah baitussalam Kelurahan karangrejo

2. jam’iyah al - hidayat Kelurahan Penantigan

1. jam’iyah miftahul jannah Kelurahan penataban

Juara Hadrah Isham

6. jam’iyah darrurrahma Desa Tanjung

5. jam’iyah nurul islam Desa papring

4. jam’iyah Almadania Desa Bansring

3. jam’iyah Almuhibbin Desa kalimati

2. jam’iyah Alfarizi Desa Bimorejo

1. jam’iyah Baitussalam Desa Bangsring