Bupati Soroti Kinerja SKPD

Banyuwangi- Bupati Banyuwangi, H.Abdullah Azwar Anas mengumpulkan seluruh Kepala Satker Kepala untuk membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2012, di Aula Rempeg Jogopati, Kamis (14/7). Dalam rapat  tersebut, Bupati memberikan arahan terkait hal-hal yang akan dilakukan pada 2012 mendatang.Mengingat pentingnya RKPD dalam keberlangsungan pembangunan.

Dikatakan Bupati, penyusunan RKPD harus merujuk pada visi dan misi Bupati yang diterjemahkan dalam RPJMD. Maksud dibuatnya  RKPD, jelas Bupati, untuk memberikan arah rancangan kerangka ekonomi dan kebijakan keuangan daerah, memberikan arah prioritas dan sasaran pembangunan daerah, serta memberikan arah rencana program dan kegiatan yang terukur pendanaannya. Seperti, pembangunan bidang kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Untuk Dinas Kesehatan, harus memfokuskan pada pelayanan karena perbaikan Puskesmas sudah menggunan dianggarkan PAK tahun ini. Untuk Dinas Pendidikan, selain program Sekolah Berbagi, bidik misi, dan program lain yang menyangkut bantuan kepada siswa miskin,  tahun depan juga diharapkan mulai menggarap program pesantren kilat yang dimaksudkan untuk membekali akhlak siswa. Untuk Kantor Pelayanan Perijinan, diupayakan bisa menjadi kantor layanan terpadu dengan konsep pelayanan satu pintu, yang akan disiapkan. Untuk Dinas Pertanian, Bupati meminta agar fokus pada intensifikasi lahan tidur.

Selain menjelaskan hal di atas, Bupati  menyoroti rendahnya satker yang menyerahkan RKPD kepada Bappeda. Karena menurut laporan Bappeda,  hingga bulan ini hanya 10 SKPD yang menyerahkan RENJA  (Rencana Kerja). Selain itu Bupati juga menilai rendah kinerja sejumlah SKPD, terbukti dari rendahnya penyerapan anggaran."Toleransi saya terkait penyerapan yang lambat sudah cukup. Kedepan tidak boleh ada SKPD  yang tertinggal,” tegas Bupati Anas.(HUMAS)