Bupati Instruksikan Bentuk Satgas Pemburu Kemiskinan

Banyuwangi – Keseriusan Bupati Abdullah Azwar Anas dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi semakin nyata dengan instruksi pembentukan Satgas Pemburu Kemiskinan. Instruksi itu dikeluarkan oleh Bupati saat rapat koordinasi dengan para camat dan kepala desa se Kabupaten Banyuwangi, di Pendopo Sabha Swagata, Senin (18/7).

Menurut Bupati Anas, satgas pemburu kemiskinan akan bertindak  jemput bola terhadap permasalahan kemiskinan yang ada didaerahnya.  Hal ini dilakukan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Bupati Anas mencontohkan, tugas satgas, menjemput dan mengantarkan anak sekolah dari keluarga miskin. Karena,  untuk berangkat sendiri ia tidak punya uang saku.  Kedua, mengantarkan warga miskin yang sakit dan tidak mampu pergi ke tempat pelayanan kesehatan karna tidak ada biaya. "Jika ini dilakukan, hasilnya akan sangat dahsyat. Masyarakat miskin akan segera bisa dikeluarkan dari kemiskinan,” kata Bupati Anas dengan bersemangat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Anas juga mengingatkan kembali para kepala desa agar memperketat pengeluaran Surat Keterangan Miskin (SKM). Karena, banyak pasien yang mampu mendapatkan SKM dan berobat dengan menggunakan keterangan miskin. Akibatnya, Rumah Sakit Pemerintah mengalami defisit anggaran hingga Rp 2,7 miliar. “ Untuk ini kami minta Kepala desa benar-benar selektif memberikan kartu miskin, agar dana yang dianggarkan Pemkab bagi warga miskin bisa tepat sasaran,” tutur Bupati Anas.Terkait validasi data penduduk miskin, Bupati Anas meminta kepada camat dan kepala desa agar melakukan pendataan secara serius dan akurat.

Usai mendapat arahan Bupati Anas, para Kepala Desa juga memberi masukan kepada Bupati untuk membentuk gerakan  seribu untuk Banyuwangi, (Ibuwangi). Gerakan itu berbentuk penggalangan dana sumbangan dari masyarakat Banyuwangi sebesar seribu rupiah, yang akan dikumpulkan tiap bulan. "Nantinya uang tersebut bisa digunakan untuk program pengentasan kemiskinan tanpa APBD," kata salah seorang perwakilan Kepala Desa. Hadir dalam rapat tersebut Sekkab Drs. Ec.Sukandi MM dan pejabat teras pemkab. (Humas)