BUPATI HARAP PDAM PROGESIF DALAM PELAYANAN UMUM DISAMPING BISNIS

Banyuwangi. Kinerja PDAM harus ditingkatkan dengan ekspansi yang lebih progresif, dalam memberikan  pelayanan kepada masyarakat maupun usaha bisnisnya. PDAM harus mampu membuat terobosan yang signifikan, mengingat potensi yang dimiliki oleh Banyuwangi sangat besar dibanding kabupaten sekitar semisal Situbondo dan Bondowoso,. Namun pergerakan perekonomian di Banyuwangi menurut analisa Kang Anas  lambat. Sehingga bila tidak dilakukan terobosan yang bersifat fundamental, dalam jangka waktu tidak lama maka Banyuwangi akan jauh tertinggal dari kabupaten tersebut. . demikian di tegaskan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar  Anas, Msi. Ketika melakukan Sidak ke Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) dani memberikan pengarahan langsung kepada karyawan- karyawati di PDAM Banyuwangi, Senin (14/3). Sidak yang dilakukan Bupati Anas, bertujuan untuk mengetahui langsung Masalah yang dihadapi PDAM, disamping itu Kang Anas berharap ada rencana peningkatan pelayanan air minum kepada masyarakat, baik menyangkut kualitas maupun kuantitas.

Mengingat sekarang ini masyarakat yang mendapat pelayanan air minum secara nasional baru mencapai  6-7%, saya berharap ada  ekspansi membangun jaringan yang lebih luas,  jadi DAM tidak saja menyumbangkan angka-angka yang menunjukkkan besaran PAD yang mampu disumbangkan sebagai Badan Usaha Milik Daerah, namun juga mempunyi misi lain yakni di sisi pelayanan pelayanan kepada masyarakat. Ujar Bupati Anas.

Bupati juga menyadari untuk mewujudkan pengembangan jaringan,  perlu di didukung dana dari APBN, mengingat kalau hanya dibiayai oleh APBD tidak mencukupi, guna merealisasi plan bisnis dan pelayanan yang telah diajukan kepada Bupati, dalam bentuk RKA-PDAM.

Dipesankan Bupati tentang sumberdaya manusia, bukan saja untuk lingkup PDAM namun juga di lingkup Pemerintah Kabupaten Banyuwangi agar setiap pegawai mampu mengaktualkan diri, melakukan inovasi bidang pekerjaannya dengan ide-ide yang lebih segar, sehingga pelayanan publik yang prima dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Dalam sidak Bupati juga didampingi oleh Sekkab Sukandi dan pejabat pemkab lainnya.(*Humas).