Jaranan Buto Warnai Peringatan 50 Tahun Hirarki Gereja Katholik Indonesia

Banyuwangi – Memperingati 50 tahun hirarki gereja katholik Indonesia di Banyuwangi, ratusan umat gereja katholik di Banyuwangi memperingatinya dengan berdo’a di gua maria Desa Curah Jati, Kecamatan Purwoharjo. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Abdullah Azwar Anas di dampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat serta Muspika Purwoharjo minggu (30/10).

ada yang menarik dalam peringatan tersebut, yakni saat Bupati Anas memasuki gerbang Gua maria langsung disambut kesenian jaranan Buto. Uniknya lagi, yang memerankan jaranan buto adalah para Romo (tokoh agama katholik) di Banyuwangi. Bupati sempat terlihat bingung saat disapa salah satu Romo tersebut, karena tidak mengira bahwa Jaranan Buto yang menyapanya adalah Romo Fajar.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati didaulat memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Bupati Anas mengatakan kerukunan antarumat beragama, tokoh masyarakat, dan pemerintah merupakan investasi terpenting dalam membangun Banyuwangi, “ Banyuwangi bisa maju dan lebih baik jika kita semua bersatu, dan jika semua sudah bersatu maka yang lainnya akan mengikuti maju dan berkembang” katanya. “ Saya berterima kasih kepada para romo yang telah mengabdi membimbing umat siang malam dan mengajarkan kebaikan meski tidak digaji,“ ucapnya sambil tersenyum. Diakhir sambutannya Bupati Anas mengucapkan selamat kepada seluruh umat katholik khususnya di Banyuwangi atas 50 tahun hirarki gereja katholik Indonesia, dan tak lupa mohon dukungan kepada seluruh umat katholik untuk tetap menjaga kekondusifan menuju Banyuwangi yang lebih baik.

Meski sempat di guyur hujan, umat katholik yang hadir tetap antusias menyimak sambutan Bupati Anas

Salah satu umat katholik yang hadir, Antonius, mengatakan kedatangan Bupati pada acara ini merupakan kebanggaan bagi umat katholik di Banyuwangi, sebagai umat katholik dan warga Banyuwangi pihaknya siap membantu menjaga kekondusifan di Banyuwangi. “ Kehadiran pak Bupati kali ini kebanggaan bagi kita, “ katanya. “ Sesuai sambutan Bupati tadi kami umat katholik siap bersatu dengan umat lain untuk menjaga kekondusifan Banyuwangi, “ imbuhnya. (humas protokol)