Bupati Berikan Penghargaan Pelajar Seniman Berprestasi

BANYUWANGI – Sebagai bentuk komitmen Pemkab Banyuwangi terhadap pelajar dan seniman berprestasi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberikan piagam penghargaan kepada 141 pelajar dan 10 orang seniman dan budayawan Banyuwangi yang memiliki prestasi tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Penyerahan piagam penghargaan itu dikemas dalam acara buka bersama yang dilaksanakan di Pendopo Sabha Swagata pada Sabtu, (13/8).

Dalam sambutannya, Bupati Anas berharap agar penghargaan yang diberikan kepada pelajar dapat merangsang pelajar lainnya untuk berprestasi dibidangnya masing-masing. “ Saya minta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk menerbitkan buku direktori anak-anak berprestasi. Didalamnya akan dicantumkan nama pelajar beserta orangtuanya serta alamat rumah dan foto berikut prestasinya. Buku itu akan menjadi dokumentasi baik di perpustakaan maupun kantor kepala sekolah,” ungkap Bupati Anas dengan antusias. Menurut Bupati buku direktori tersebut akan menjadi sejarah dan kebanggaan bagi pelajar, orang tua dan sekolah dimana pelajar menuntut ilmu.  Selain itu buku tersebut juga diharapkan akan memotivasi pelajar lain untuk ikut berprestasi.

 

Tidak hanya itu saja, bagi para seniman dan budayawan, Bupati anas mengatakan, Pemkab telah menggagas Kongres Budayawan dan adat Banyuwangi yang rencananya akan digelar pada November mendatang. “ Bagi para seniman dan budayawan silakan memberikan saran ataupun menuangkan ide dan gagasan bagi kemajuan budaya di Banyuwangi pada kongres ini,” beber Bupati. Nantinya kongres tersebut akan dijadwalkan menjadi agenda rutin tahunan kegiatan Pemkab Banyuwangi.

Menurut Bupati Anas, Pemkab akan terus memantau prestasi yang diciptakan warganya, terutama pelajar. Karena pelajar merupakan generasi penerus yang akan memiliki peran dalam memajukan Banyuwangi kedepannya. Bupati berharap pada tahun yang akan datang akan lebih banyak lagi pelajar maupun seniman yang berprestasi dan mendapatkan penghargaan dari Pemkab.

Tahun ini, pelajar yang mendapatkan penghargaan adalah lima pelajar yang berprestasi pada kejuaraan MTQ tingkat provinsi Madiun, 85 orang pelajar yang memiliki prestasi akademik dan 56 pelajar dengan prestasi non akademik.

Selanjutnya, setelah adzan maghrib, Bupati Anas menyantap ta'jil bersama-sama dengan semua  yang hadir kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah dan buka puasa bersama. (Humas)