Gus Ipul Lantik Bupati Anas Sebagai Ketua Mabicap Pramuka

BANYUWANGI– Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan  Pramuka, Kabupaten Banyuwangi periode 2011 - 2016, diikuti pelantikan pengurus kwartir cabang dan lembaga pemeriksa keuangan, oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, di Pendopo Shaba Swataga Blambangan, Sabtu (23/7).

Dalam sambutannya, Gus Ipul, sapaan Wagub Jatim ini,mengatakan pada masa sekarang  pramuka dihadapkan pada tantangan majunya jaman yang praktis berpengaruh pada gaya hidup masyarakat. Untuk itu, pramuka harus bisa berinovasi dan menjauhkan kesan kuno pada setiap kegiatannya. "Tunjukkan kalau pramuka tidak hanya terdiri atas tali temali, api unggun dan kegiatan kemah saja, tapi harus punya inovasi yang bisa membantu kegiatan sosial” ujarnya. Dicontohkan Gus Ipul, di Provinsi ada gugus di pramuka yang khusus menangani bencara. "Saya harap Banyuwangi juga akan bisa meniru," tandasnya. 

Gus Ipul juga berharap, pramuka bisa  memotivasi pelajar untuk melakukan kegiatan yang positif. Dengan begitu, pelajar terhindar dari tindak kenakalan remaja. Seperti pemakaian narkoba dan perkelahian pelajar. 

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas, menambahkan, kalau pramuka harus bisa menjadi media pendidikan yang menyenangkan bagi anak.  Dengan begitu pramuka sangat berpotensi untuk membentuk watak dan karakter anak. “Gerakan pramuka bisa menjadi gerakan yang sangat dahsyat jika semangat pramuka bisa diterapkan di masyarakat, ” ujar Bupati Anas.(Humas)