Bupati Anas Pimpin Peringatan HUT ke – 37 Satpam di Banyuwangi

BANYUWANGI – Memperingati hari ulang tahun (HUT)-nya yang ke 37,  ratusan personel Satuan Pengamanan (Satpam)  menggelar upacara di halaman Mapolres Banyuwangi, Selasa pagi (9/1). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertindak selaku inspektur upacara dalam peringatan yang diikuti para satpam dari berbagai instansi tersebut.

Para satpam yang berbaris rapi tampak khidmat mengikuti jalannya upacara.

Satpam, ujar Anas,  terdiri dari petugas-petugas terlatih dan terampil yang peranannya sangat penting sebagai mitra kepolisian. Yakni dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat dan instansi pemerintah.

“Sebagai mitra kepolisian, saya berharap satpam mampu mendeteksi potensi gangguan keamanan, melakukan upaya pencegahan, menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat pada petugas kepolisian serta melakukan tindakan pertama di tempat kejadian,” kata Anas.

Terwujudnya keamanan dan dan ketertiban di lingkungan kerja, imbuh Anas, menjadi modal utama untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif. Karena itu dibutuhkan adanya peningkatan kompetensi anggota satpam.

“Saya memberikan apresiasi kepada pimpinan organisasi, perusahaan, instansi serta lembaga pemerintah yang telah berupaya meningkatkan kompetensi anggota satpamnya lewat pendidikan, pelatihan dan sertifikasi. Peningkatan kompetensi itu akan semakin memberi manfaat positif bagi masyarakat,” tandasnya.

Lebih jauh Anas berharap, ke depan satpam tak hanya menjaga keamanan saja, tapi juga turut memberikan kepuasan bagi para customer-nya.

“Kita bisa lihat di kantor perbankan, misalnya. Satpam tak hanya menjaga keamanan, tapi juga selalu tersenyum dan memberikan service kepada siapa pun yang datang. Jadi fungsi satpam ke depan memang harus bertambah. Ini menjadi bagian dari perusahaan untuk memberikan respon yang cepat bagi masyarakat,” harap Anas.

Peringatan HUT ke-37  Satpam ini jatuh pada tanggal 30 Desember 2017. Untuk peringatan kali ini di Banyuwangi, penyelenggaraannya dilaksanakan pada Selasa (9/1). Hadir pula Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Aditya Warman.

Dalam kesempatan itu, para satpam binaan Polres Banyuwangi ini juga menampilkan atraksi bela diri dengan menggunakan borgol. Dimana borgol bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai senjata pengaman. (*)