Bupati Tinjau Hasil Perbaikan dan Pembangunan Jalan di Kalipuro

BANYUWANGI – Guna memantau hasil pembangunan khususnya infrastruktur jalan, Bupati Abdullah Azwar Anas terjun langsung ke titik perbaikan jalan. Di antaranya jalan yang menghubungkan Kaliklatak – Secang dan jalan di Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Selasa (18/10).  Didampingi Sekkab Sukandi beserta jajaran Pemkab, Bupati Anas melihat langsung kondisi jalan yang sudah dibangun selebar satu setengah meter dan bisa dilalui oleh mobil. Sebelumnya, jalan tersebut hanyalah jalan setapak dan tidak beraspal.

Melihat pembangunan tersebut, Bupati Anas tampak puas melihat jalan baru yang telah diperbaiki dan beraspal. Karenanya, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat jalan yang telah diperbaiki pemerintah. Misalnya, kata Bupati, tidak membuang sampah di saluran drainase. “Biar aspal tetap awet dan jalan tidak mudah rusak. Karena kalau drainase penuh sampah, saluran air menjadi buntu akibatnya air meluap dan mengenai aspal. Otomatis cepat rusak,” tutur Bupati pada warga sekitar yang menyaksikan kedatangannya.

Selain itu Bupati Anas juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah ikut berpartisipasi terhadap proyek pembangunan jalan lewat PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri di Desa Gombengsari. “Untuk masyarakat yang lainnya, maksud saya  yang belum kebagian proyek perbaikan ataupun pembangunan jalan, mohon bersabar. Karena pemerintah harus membagi wilayah-wilayah mana yang paling urgen,” ungkap Bupati

Sementara Basri (40) salah satu warga Gombengsari, mengaku senang bisa bertemu Bupati. Bahkan, tanpa basa basi Basri meluapkan kegembiraannya lantaran jalan di desanya telah bagus. “Dulu jalan di sini sangat parah kondisinya. Kalau hujan saya tidak bisa keluar rumah, karena jalan tidak bisa dilewati sekarang tidak lagi,” celotehnya.

Usai memantau perbaikan jalan, Bupati Anas langsung menuju ke Kantor Kelurahan Gombengsari untuk menyerahkan bantuan berupa sepasang kambing jantan dan betina kepada 20 orang wanita rawan sosial. Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga melakukan penanaman bibit durian merah, yang menjadi komoditas unggulan Kecamatan Kalipuro, di halaman Kantor Kelurahan Gombengsari.

Sebelum memantau perbaikan jalan, dalam kunjungan kerja tersebut Bupati Anas juga meninjau SDN 1 Ketapang. SDN I Ketapang merupakan sekolah dasar pinggiran yang mampu mendidik anak-anaknya tak kalah dengan SDN di kota. Bahkan SDN I Ketapang, mampu mengukir segudang prestasi, baik prestasi akademik dan non akademik. Di sekolah dasar ini, Bupati juga menyerahkan bantuan kepada sepuluh siswa berprestasi yang tidak mampu di sekolah tersebut. “Mudah-mudah ini bisa bermanfaat dan anak-anak bisa menjadi anak yang sukses di masa mendatang, amien,” tandas Bupati. (Humas & Protokol)